Wednesday, 24 April 2024
HomeViralPria yang Mengaku Panglima Jenderal, Ajak Warga Dunia Masuk NII

Pria yang Mengaku Panglima Jenderal, Ajak Warga Dunia Masuk NII

Bogordaily.net – Warganet dihebohkan dengan video yang berisikan ajakan untuk masuk Negara Islam Indonesia () dari yang mengaku sebagai ‘Panglima Jenderal '. Pria berkaus merah dengan logo bulan bintang itu mengibarkan bendera berlokasi di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Sebagaimana dilihat Bogordaily.net, Rabu 13 Oktober 2021 sore, dalam video berdurasi 2 menit 23 detik, terlihat tiga orang pria berjalan beriringan, seorang diantaranya, berjalan sambil mengibarkan bendera bergambar bulan dan bintang yang diklaim sebagai bendera . Bendera itu diikatkan pada bambu.

Setelah berjalan menyusuri perkampungan, tiga pria tersebut berhenti di depan rumah dan pria berbaju merah kemudian melontarkan kalimat ajakan kepada warga dunia untuk masuk .

“Saya sampaikan kepada seluruh dunia internasional dengan atas nama PBB untuk segera memasuki Negara Islam Indonesia. Silakan welcome-welcome,” ujar pria itu.

Di dalam video, pria pria tersebut mengaku sebagai ‘Panglima Jenderal '. Dia juga menyebut Imam Besar Kartosoewirjo dan Sensen Komara.

“Imam Besar SM Kartosoewirjo khilafah dunia, Bapak Drs. Sensen Komara BM Esa dan saya Panglima Jenderal DI/TII , tiga jenderal DI/TII welcome-welcome silakan memasuki Negara Islam Indonesia,” katanya.

Video tersebut diunggah 8 Agustus 2021 via YouTube oleh salah seorang pengguna bernama Parkesit82. Videonya baru ramai diperbincangkan belakangan ini.
Sejak pertama kali diunggah, hingga Rabu sore ini, tercatat video itu ditonton 1,5 ribu kali dan mendapat sejumlah respons dari warganet.

Video itu diduga kuat diambil di kawasan Pasirwangi, Garut. Kepala Kesbangpol Garut Wahyudijaya mengatakan video itu merupakan video lama.

“Kalau dilihat dari data yang kami terima, itu rekaman tahun 2019,” ucap Wahyu saat dikonfirmasi wartawan terkait video itu.(dtk/sh)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here