Thursday, 28 March 2024
HomeKabupaten BogorSelama September, 101 Bencana Melanda Kabupaten Bogor

Selama September, 101 Bencana Melanda Kabupaten Bogor

Bogordaily.net – Sebanyak 101 kejadian Kabupaten Bogor selama September 2021. Sebanyak 70 desa dari 24 kecamatan di Kabupaten Bogor kena dampak dari tersebut.

Sekretaris Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Budi Pranowo memaparkan, 7.393 jiwa dari 2.083 Kepala Keluarga (KK) terdampak kejadian . Sementara 108 rumah di antaranya mengalami kerusakan mulai dari rusak ringan, sedang, hingga berat.

“Dari ribuan jiwa, 81 orang harus mengungsi, sedangkan satu orang mengalami luka ringan,” ujar Budi, Selasa 12 Oktober 2021.

Lebih lanjut, Budi mengatakan, kejadian pada September lebih banyak dibandingkan pada Agustus. Dimana, pada Agustus, Bumi Tegar Beriman dilanda 89 selama satu bulan.

Budi menyebutkan, 101 yang melanda selama September didominasi oleh angin kencang sebanyak 44 kejadian. Disusul oleh tanah longsor sebanyak 39 kejadian, lima kejadian banjir, tiga kejadian kebakaran, dua kejadian pergeseran tanah, dan satu rumah roboh. Selain itu, tujuh daerah di Kabupaten Bogor dilanda kekeringan.

Selain berdampak pada masyarakat, sambung dia, yang melanda juga berdampak pada berbagai sarana ibadah, pendidikan, pondok pesantren, hingga sarana pemerintahan terdampak. Termasuk juga sejumlah jembatan dan jalan warga.

“Total ada 20 bangunan dan jembatan yang mengalami kerusakan akibat . Ada juga jalan sepanjang 12 meter yang mengganggu akses warga,” pungkasnya.(csc/sh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here