Tuesday, 21 May 2024
HomeBeritaTercemar Paracetamol, Warga Khawatir Konsumsi Ikan dari Teluk Jakarta

Tercemar Paracetamol, Warga Khawatir Konsumsi Ikan dari Teluk Jakarta

Bogordaily.net – Masyarakat mulai khawatir terhadap dampak tingginya pencemeraan di , berdampak pada , termasuk ikan hingga kerang hijau yang biasa dikonsumsi masyarakat.

Peneliti Prof Dr Zainal Arifin dari Oseanografi BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) menegaskan belum ada penelitian lebih lanjut dampak di ikan.

Alasan riset tak melibatkan ikan dikarenakan sifat fisiologi dari hewan tersebut.

“Belum ada penelitiannya,” tegas dia.

“Kalau ikan dia akan lari berenang menjauh, oksigen rendah dia akan pergi, itu fisiologi dari hewan, kalau kerang dia bertahan atau dia mati karena ,” ungkap Prof Zainal dalam keterangan pers Senin 4 Oktober 2021.

Peneliti lainnya, dari Oseanografi BRIN Dr Wulan Koagouw menjelaskan, bisa saja itu berdampak pada organisme laut. Hanya saja untuk memastikan efek dari itu sejauh mana perlu penelitian lebih mendalam.

“Karena sekali lagi, fokus saya riset kemarin memang hewan ujinya adalah kerang biru, jadi memang harus fokus di satu organisme,” jelas Dr Wulan.

Terlebih, Dr Wulan mengungkapkan untuk melakukan penelitian terkait dibutuhkan biaya yang besar. Bahkan, untuk penelitian ‘High concentrations of paracetamol in effluent dominated waters of Jakarta Bay, Indonesia' disebut mencari dana beasiswa.(Saleh Hermawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here