Saturday, 27 April 2024
HomeKabupaten BogorUpgrading Kualitas Mahasiswa, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IUQI Gelar Seminar Tingkat...

Upgrading Kualitas Mahasiswa, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IUQI Gelar Seminar Tingkat Nasional

Bogordaily.net menggelar yang bertajuk “Mewujudkan Generasi Mahasiswa Yang Ber-Iman untuk Menyongsong Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor Yang Tumbuh Dan Tangguh”, Selasa, 12 Oktober 2021, di Gedung Serba Guna (GSG) Pesantren Ummul Quro Al-Islami dengan jumlah peserta lebih dari 300 orang.

Acara dibuka oleh Rektor Bogor Dr. Saiful Falah, M.Pd.I. kemudian dilanjutkan orasi imiah oleh Dr. H. Endin Mujahidin, M.Si yang menyinggung tentang derasnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (smart connectivity), beliau juga menyampaikan pelbagai langkah strategis mahasiswa guna menyongsong bonus demografi yang akan dialami oleh bangsa Indonesia pada tahun 2045 mendatang.

Dirinya mengaskan, bahwa pentingnya meningkatkan skill dalam diri seperti hard skill yang akan menyongsong kualitas dalam diri dalam menghadapi dinamika proses kehidupan.

Acara tersebut juga dihadiri oleh para Wakil Rektor, pejabat struktural di Fakultas dan para dosen Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor.

Seminar yang setiap tahun diagendakan sekaligus untuk menyambut kegiatan Mahasiswa Baru dalam tahap awal perkuliahan. Beberapa materi seminar kepada mahasiswa yang hadir dalam seminar tersebut.

Disisi lain Dekan dan Ilmu keguruan (FTIK), Dr. Ahmad Idhofi, M.Pd.I mengharapkan, dari Pendidikan Islam (SNPI) yang keempat ini tidak hanya sebagai bentuk formalitas saja akan tetapi agar mahasiswa lebih aktif dan responsif untuk dunia pendidikan terlebih dalam penelitian dan pengembangan lapangannya ketika di masyarakat nanti.

“Harapan kami dari Dekan dan Ilmu keguruan bahwa seminar tersebut tidak hanya sekilas atau formality tapi memang benar yang dikatakan ‘kullu ma tara wa tasma wa tasy'ur littarbiyah' jadi semua panca indera diaktifkan mendapatkan pencerahan sehingga mahasiswa itu aktif, responsif dan proaktif untuk pendidikannya, pembelajarannya dan juga untuk nanti LPPM penelitiannya.” kata Dekan dan Ilmu keguruan (FTIK), Dr. Ahmad Idhofi, M.Pd.I.

Terlebih lagi, Dr. Ahmad Idhofi, M.Pd.I mengatakan, mahasiswa dari FTIK yang bisa dikatakan gemuk dalam kampus . Karena memiliki kuantitas mahasiswa yang lebih banyak dari fakultas lainnya.

Sehingga mahasiswanya diproyeksikan untuk mampu mengelola pendidikan dimulai dari lingkup yang kecil seperti kelas bahkan lingkup yang lebih besar seperti mengelola lembaga pendidikan agar hasilnya siap di implementasikan kepada Bangsa dan Negara.

“Dari mahasiswa FTIK ini juga diharapkan untuk mampu mengelola minimal dalam skup training pertama yaitu mengelola kelas kemudian yang kedua adalah mengelola lembaga entah dia sebagai tenaga pengajar ataupun syukur memang dia yang memilikinya, maka outputnya dia sudah siap pakai dan memberikan jawaban bagi Bangsa dan Negara.” ungkapnya.

Pada sesi selanjutnya acara dilanjutkan dengan Diskusi Panel dengan empat narasumber dari dosen FTIK, yaitu Dr.Ahmad Idhofi, S.Pd., M.Pd.I. Dr. Syamsul Rizal Mz, S.Hi., M.Pd.I Dr. Muhammad Abrar, M.Hum. Dr. Imronuddin, M.Pd.I.

Kemudian acara ditutup dengan pembacaan do'a yang dipimpin oleh Galih Pratama, M.Pd selaku Wakil Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam ini berjalan dengan lancar dan tetap senantiasa mematuhi protokol kesehatan dengan mewajibkan peserta menjaga jarak dan memakai masker.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here