Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaWaspada, Jangan Lakukan Hal Ini di Rumah Ketika Terjadi Petir

Waspada, Jangan Lakukan Hal Ini di Rumah Ketika Terjadi Petir

Bogordaily.net – atau kilat terjadi ketika perbedaan jumlah muatan listrik yang sangat besar antara awan dan permukaan bumi.

melepaskan muatan negatif dari awan, lalu mempengaruhi keadaan arus listrik di permukaan bumi, termasuk di rumahmu.

Jika kamu berada di rumah saat terjadi , ada beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan untuk menjaga keselamatanmu dan peralatan di rumahmu.

1. Jangan Menggunakan Telfon Kabel

Jangan mencoba untuk menelepon melalui telepon kabel ketika terjadi . Sebab, muatan listrik yang berlebihan dari akan mengalir melalui kabel telepon sehingga telepon akan rusak. Tidak hanya itu, kamu juga bisa kesetrum.

2. Jangan Berada di Teras atau Balkon Rumah

Secara alamiah, sangat cepat menyambar apa pun di ruang terbuka. Ketika kamu berada di ruang semi terbuka di rumahmu, seperti teras atau balkon, kamu akan berisiko terkena sambaran .

Jadi, kamu harus berada di dalam rumah untuk menghindari dirimu dari sambaran .

3. Jangan Dekat dengan Jendela

Jika kusen jendela rumahmu terbuat dari logam, maka kusen tersebut dapat menghantarkan arus listrik. Sebab, kebanyakan logam termasuk bahan konduktor atau dapat menghantarkan listrik dengan baik.

Oleh karena itu, ketika terjadi , kamu dilarang berdiri atau duduk di dekat jendela karena arus listrik dapat mengalir menuju kamu!

4. Jangan Mandi Menggunakan Shower

Jangan sekali-kali kamu mandi sewaktu terjadi . Sebab, arus listrik dari petir dapat mengalir melalui pipa airmu yang tersambung pada shower sehingga kamu dapat kesetrum. Lebih fatal lagi, shower tersebut dapat memercikkan api.

5. Matikan Peralatan Elektronik yang Tak Diperlukan

Beberapa peralatan elektronik yang dicolokkan pada steker listrik akan berpotensi membawa arus listrik berlebihan ketika terjadi petir.

Arus listrik tersebut akan mengalir menuju kamu jika kamu menggunakan dan memegang kabel listrik peralatan tersebut. Jadi sebaiknya kamu tidak menyalakan peralatan elektronik yang tidak perlu ketika ada petir.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here