Friday, 26 April 2024
HomeKota Bogor61 Ribu Pelaku UMKM Telah Terdaftar di Dinas Koperasi UKM

61 Ribu Pelaku UMKM Telah Terdaftar di Dinas Koperasi UKM

Bogordaily.net yang terdaftar di sebanyak 61 ribu orang. Hal ini berdasarkan kriteria dengan omset 2 Miliyar kebawah pertahun dan aset diluar bangunan 1 Miliyar.

Kabid Dinas Koperasi UKM Kota Bogor, R Medi Sandora meyampaikan, Dinas Koperasi UKM Kota Bogor mempunyai aplikasi Sistem Operasional Layanan Usaha Mikro dan Sarana Promosi (SOLUSI).

Akan tetapi yang baru terdaftar di aplikasi Solusi baru 3.800 . Di aplikasi itu nantinya pihaknya akan memberi tahu ke pelaku jika ada pelatihan.

“Dari 3.800 akan bergiliran untuk pelatihan setiap sebulan sekali. Untuk pelatihannya sendiri seperti tes kualitas prodak, legalitas prodak, permodalan dan pemasarannya,” kata Kabid Dinas Koperasi UKM Kota Bogor, R Medi Sandora kepada Bogordaily.net, Rabu 10 November 2021.

Tentu selama pembinaan atau pelatihan yang dilakukan oleh (UMKM) itu dilakukan setiap 1 bulan sekali, akan tetapi pelatihan Ini bagi yang sudah terdaftar via link atau aplikasi SOLUSI.

R Medi Sandora menyatakan, jika membutuhkan permodalan pihak (UMKM) akan mendatangkan dari perbankan seperti BJB, dan bank-bank lain tentang pur.

Mengenai pemasaran terbagi menjadi dua via offline maupun online, adapun via offline disediakan Gapura dan fasilitasi kemitraan dengan perusahaan-perusahaan atau toko oleh-oleh.

“Adapun via online diarahkan bagaimana berjualan di market place dan mendaftar seperti lewat aplikasi berupa Shopee, Go food dan sebagainya,” jelasnya.

Kemudian juga diberi ilmu photography untuk menarik daya minat menghasilkan foto yang bagus. Secara offline dan online ini adalah bagian dari pelatihan UMKM di Kota Bogor.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here