Sunday, 5 May 2024
HomeNasionalAhok Minta Polisi Usut Tuntas Terbakarnya Tengki Minyak di Kilang Pertamina Cilacap

Ahok Minta Polisi Usut Tuntas Terbakarnya Tengki Minyak di Kilang Pertamina Cilacap

Bogordaily.net – Munculnya tudingan dari Anggota Komisi VI DPR Fraksi PDIP Adian Napitupulu terkait dugaan sabotase terbakarnya tangki minyak di kawasan , PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias meminta polisi mengusut tuntas kasus ini.

“Harus pembuktian dari kepolisian,” kata saat dihubungi, Selasa 17 November 2021.

mengatakan, dia sendiri sudah menyampaikan pendapatnya terkait kasus ini ke kalangan internal Pertamina. Minggu depan Pertamina akan menyampaikan jawaban atas dugaan-dugaan terkait penyebab kebakaran ini, termasuk adanya sabotase.

“Minggu depan pihak manajemen akan sampaikan jawaban atas dugaan dugaan kami,” ujar .

“Pertanyaannya ke teknis, kenapa tanki bisa kesambar petir dengan sistem antipetir dan tangki yang udah jelas diaudit berfungsi baik dengan bahan tangki baja tebal dan double dinding,” sambungnya.

Polisi sendiri masih menyelidiki peristiwa kebakaran tangki Pertamina di , Jawa Tengah, ini. Terkait dugaan penyebab kebakaran tangki tersebut karena sabotase juga masih didalami.

“Penyidik Polda Jateng berdasarkan fakta dan hasil riksa para saksi, dugaan sementara kuat penyebab utama adalah karena petir. Untuk (penyebab) lain masih didalami,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Selasa 16 November 2021.

Polisi telah memeriksa setidaknya 6 saksi terkait peristiwa ini. Selain itu, polisi mengungkap lewat dua kamera CCTV bahwa petir memang sempat menyambar tangki Pertamina di sebelum terbakar. Dari situ, polisi merilis kesimpulan sementara bahwa kebakaran tangki Pertamina di diakibatkan oleh sambaran petir.

Meski demikian, lanjut Dedi, bukan tidak mungkin kebakaran kilang tersebut disebabkan hal lain, selain sambaran petir. Tim gabungan masih bekerja untuk mengungkap kasus ini.

“Tapi tidak menutup kemungkinan dari hasil pemeriksaan tim terpadu nanti akan di-publish kembali. Apakah ada unsur-unsur terkait lainnya,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here