Thursday, 16 May 2024
HomeKabupaten BogorAir Kolam Tercemar Proyek Bendungan, Ratusan Ikan Warga Sukabirus Mati

Air Kolam Tercemar Proyek Bendungan, Ratusan Ikan Warga Sukabirus Mati

Bogordaily.net – Proyek Cipayung dan diduga menjadi penyebab matinya ratusan ikan di kolam milik warga Kampung Sukabirus, RT 04/RW 05, Desa Gadog, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

Saluran air yang mengairi milik warga berasal dari sungai Ciliwung yang saat ini sedang ada proyek pembangunan Bendung .

Semetara itu menurut salahsatu warga Sukabirus pemilik yang ratusan kilogram ikannya mati mengatakan kejadian diketahui sekitar pukul 06.00 WIB, Kamis 4 November 2021.

“Pas saya ke kolam, saya mendapati ikan sudah banyak mengambang mati karena air kondisinya keruh parah,” ujar Samsul.

Kondisi air yang mengaliri kolam ikan milik warga diduga limbah betonisasi dan dipenuhi tanah serta keruh akibat proyek Bendung .

Selain itu Dinar warga Kampung Pandasari RT 04/RW 03 Desa Pandasari, Kecamatan Ciawi menegaskan, bahwa aktivitas jual beli ikannya terhenti akibat kondisi air yang berubah diduga sudah .

“Waktu awal proyek Ciawi dimulai, kondisi air disini berubah warna, dari situ saya coba paksakan jualan ikan ternyata banyak yang mati akhirnya, dari situ saya sudah tidak lagi jualan,” ujar Dinar.

Kedua warga yang mengeluh berharap, kondisi ini segera bisa di benahi, ia pun meminta pihak proyek untuk memperhatikan dampak dari pekerjaannya terhadap warga.

“Dan kami minta proyek bertanggung jawab pada setiap akibat yang ditimbulkan dari pekerjannya,”pungkasnya.(Irfan) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here