Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaAnak Laki-laki Palestina Berusia 13 Tahun Tewas Ditembak Israel

Anak Laki-laki Palestina Berusia 13 Tahun Tewas Ditembak Israel

Bogordaily.net – Pejabat kesehatan Palestina melaporkan seorang berusia 13 tahun ditembak oleh pasukan selama bentrokan di Tepi Barat pada Jumat 5 November 2021.

Mengutip Associated Press, Sabtu 6 November 2021, Mohammad Daadas meninggal akibat luka tembak di perut selama bentrokan dengan pasukan di dekat Desa Deir al-Hatab, Tepi Barat bagian utara.

Daadas dibawa ke rumah sakit terdekat, namun petugas medis menyatakan anak tersebut telah meninggal dunia. Menurut kantor berita Palestina Wafa, Daadas berasal dari kamp pengungsi Askar di pinggiran kota utara Nablus.

Layanan medis Red Crescent Palestina mengatakan tentara menembakkan peluru tajam serta gas air mata dan peluru karet ke pengunjuk rasa sekaligus menutup jalan-jalan di sekitarnya untuk mencegah ambulans mereka memasuki lokasi.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Jumat malam kemarin, militer mengatakan puluhan warga Palestina di dekat Deir al-Hatab mulai melemparkan batu ke pasukan yang akhirnya direspon dengan tembakan.

Selama enam bulan terakhir, telah terjadi bentrokan mingguan di kota terdekat Beita, di mana orang-orang Palestina mengadakan demonstrasi menentang pendirian pos pemukiman yang tidak sah yang mereka katakan dibangun di tanah mereka.

Di bawah kesepakatan pada Juni 2021 antara pemerintah dan pemukim Eviatar, pemukim meninggalkan pos terdepan tetapi bangunan pemukiman tetap utuh dan di bawah penjagaan tentara.

Palestina telah menolak kesepakatan tersebut dengan mengatakan itu adalah langkah untuk mengambil tanah mereka.

Pekan lalu, pihak berwenang menyetujui 3.000 rumah pemukim baru di Tepi Barat, sementara pada Kamis lalu juga menyetujui untuk membangun 1.300 rumah bagi warga Palestina yang tinggal di Tepi Barat yang berada di bawah kendali penuh Israel. (Jacinta Aura Maharani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here