Friday, 3 May 2024
HomeBeritaAwas! Rokok Elektrik Berpotensi Sebabkan Stroke di Masa Tua

Awas! Rokok Elektrik Berpotensi Sebabkan Stroke di Masa Tua

Bogordaily.net – Bagi perokok jangan anggap enteng bahaya . Alasan memilih karena tidak seberbahaya rokok konvensional, ternyata penilaian tersebut salah. Dari hasil penelitian terbaru mengatakan bahwa pengguna 15 persen berpotensi mengalami stroke daripada mereka pengguna rokok biasa.
Para peneliti dari Asosiasi Jantung Amerika menjelaskan bahwa sama berisikonya dengan rokok biasa.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap 80 ribu orang, 30 ribu di antaranya pengguna . Hasilnya, mereka pengguna 15 persen berisiko terkena stroke di usia 50 tahun.

, , menjelaskan bahwa yang berbahaya dari adalah bahan kimia selain nikotin.

“Banyak orang sadar bahwa nikotin adalah bahan kimia dalam produk vaping serta rokok konvensional. Namun, ada banyak bahan kimia lain termasuk yang secara langsung dapat mempengaruhi lapisan pembuluh darah,” ujar dr Karen, dikutip dari The Sun, Selasa 9 November 2021.

Lebih lanjut, dr Karen menjelaskan bahwa bahan kimia tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah yang pada akhirnya bisa mengakibatkan stroke.

“Sangat mungkin bahwa paparan pada usia yang lebih muda dapat menyebabkan kerusakan permanen pada pembuluh darah di seluruh tubuh dan terutama di otak,” lanjut dr Karen.

Para ahli mengatakan bahwa bukan alternatif yang aman bagi seseorang yang ingin mencari pelarian dari rokok. Meski begitu, para peneliti independen mengkritisi hasil penelitian terbaru mengenai risiko stroke pada pengguna rokok elektrik itu.

Mereka menilai bahwa penelitian yang dilakukan tidak memperhitungkan apakah orang yang menggunakan rokok elektrik sebelumnya merupakan pengguna rokok biasa atau tidak.

Peneliti di King's College London, dr Leonie Brose, mengatakan rokok elektrik belum tentu menjadi sebab korelatif terhadap penyakit stroke.

“Stroke tidak mungkin disebabkan atau dibuat lebih mungkin oleh penggunaan rokok elektrik. Mungkin juga orang beralih ke rokok elektrik setelah stroke untuk mengurangi risiko stroke akibat merokok,” ujar dr Leonie.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here