Saturday, 27 April 2024
HomeKota BogorBersama Prajurit Dandim 0606/Kota Bogor Berlatih Jujitsu

Bersama Prajurit Dandim 0606/Kota Bogor Berlatih Jujitsu

Bogordaily.net – Berupaya meningkatkan kemampuan dan keterampilan prajurit, Kodim 0606/Kota Bogor menggelar latihan bela diri di lapangan Makodim 0606/Kota Bogor Jalan Jend Sudirman No.13, Kelurahan Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Kamis 18 November 2021.

Latihan bela diri dimulai pukul 07:00 WIB, diikuti 50 prajurit di bawah pengawasan Mayor Inf Jasmungin sebagai pelatih bela diri .

Sebelum berlatih, para anggota Kodim 0606/Kota Bogor melakukan gerakan pemanasan terlebih dahulu untuk meregangkan otot-otot supaya tidak mengalami keram saat latihan.

Materi dalam latihan bela diri Jui Jitsu antara lain peregangan, pemanasan, gerakan dasar pukulan, gerakan dasar tendangan, gerakan tangkisan dan pendinginan.

Latihan beladiri itu juga diikuti Dandim 0606/Kota Bogor, , Kasdim 0606/Kota Bogor, Letkol Inf Didi Suwandi, Para Danramil dan Perwira Staff Kodim 0606/Kota Bogor.

Dandim 0606/Kota Bogor, menyampaikan, mengikuti latihan beladiri Jui Jitsu supaya para parjurit serta perwira Kodim 0606/Kota Bogor memiliki fisik dan mental prima. Olahraga Jui Jitsu untuk menjaga fisik sekaligus belajar ilmu beladiri, tentang bagaimana gerakan membantingan, mengunci serta gerakan menyerang lawan.

“Karena bela diri itu adalah olahraga dan seni. Dengan kita berolahraga ini juga mendapat kemampuan dasar untuk bela diri bagi prajurit,” kata Dandim 0606/Kota Bogor, usai latihan bela diri di Makodim 0606/Kota Bogor.

Roby Bulan menambahkan, walaupun di dalam kemiliteran ada Bela Diri Militer (BDM), setiap anggota harus menguasainya. Tapi kali ini, dirinya mengkombinasikan antara bela diri militer dengan yang di latih oleh Pasiterdim 0606/Kota Bogor, Mayor Inf Jasmungin.

“Setiap kegiatan olahraga nantinya akan diselingi dengan latihan bela diri. Karena latihan bela diri juga akan menumbuhkan sportivitas dan percaya diri bagi seorang prajurit,” jelasnya.

Sementara itu, pelatihan sekaligus Pasiterdim 0606/Kota Bogor, Mayor Inf Jasmungin mengatakan, dalam menjaga kebugaran, stabilitas, mental dan fisik. Anggota Kodim 0606/Kota Bogor rutin melakukan latihan bela diri .

Bela diri ini sangat tepat untuk para prajurit di lapangan. Karena gerakannya mulai dari menangkis, memukul, menendang, membanting, mengunci dan terakhir kill.

“Kita latihan bela diri Jujitsumulai dari dasar. Bagaimana cara menangkis, memukul, membanting lawan dan mengunci lawan,” katanya

Dalam melaksanakan tugas di lapangan, kata Mayor Inf Jasmungin, bisa saja ancaman tiba-tiba muncul terhadap prajurit di lapangan.

“Olah karena itu, prajurit harus menguasai gerakan bela diri. Sebab, di Kota Bogor kita melakukan tugas pokok satuan, saat melaksanakan tugas dengan dinamikanya,” Jelasnya.

Untuk itu, llatihan beladiri akan dilaksanakan dalam setiap waktu pelaksanaan kegiatan olahraga satuan.***

 

(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here