Garda Transfumi Bantu UMKM Tingkatkan Usaha

Menu

Mode Gelap
Muhammad Ameer Azzikra, Putra Ustaz Arifin Ilham, Meninggal Dunia Buset, Mercy Bodong dengan Sopir Tak Ber-SIM Lawan Arah Tol Tabrak 3 Mobil Usai Lantik Pengurus Baru, AMSI Gelar Seminar Media Siber Sehat Ade Yasin Klaim Vaksinasi Kabupaten Bogor Sudah Lampaui Target Polisi Selidiki Video Mesum Durasi 35 Detik Diduga Dua Pelajar

Ekonomi · 25 Nov 2021 09:29 WIB

Garda Transfumi Bantu UMKM Tingkatkan Usaha


 Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki bersama Mercy Corps Indonesia berinisiatif memberikan apresiasi kepada Garda Transfumi.(Humas Kementerian Koperasi dan UKM/Bogordaily.net) Perbesar

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki bersama Mercy Corps Indonesia berinisiatif memberikan apresiasi kepada Garda Transfumi.(Humas Kementerian Koperasi dan UKM/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan Mercy Corps Indonesia membentuk program Transfumi (Transformasi Formal Usaha Mikro) sebagai implementasi PP 7/2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan KUMKM.

Neng Wiwin, salah satu relawan Garda Transfumj mengatakan dalam melakukan tugasnya ia mendampingi, mengarahkan, serta membimbing para UMKM supaya skala usahanya dapat meningkat. Salah satunya dengan mengajarkan business plan, dan melatih para pelaku UMKM dalam membuat goal setting.

“Kemudian dengan adanya kegiatan Transfumi ini juga kami juga mengajak mereka (UMKM) untuk mempunyai legalitas usaha,” kata Wiwin.

Saat ini sudah lebih dari 3000 UMKM, dan 400 mentor dari berbagai wilayah di Provinsi Banten yang ia dampingi. Dari kegiatan pendampingan tidak sedikit UMKM yang berhasil dalam meningkatkan skala usahanya. Adapun yang belum berhasil ia akui karena terkenda mindset dari UMIKM yang menganggap belum membutuhkan tenaga pendamping.

“Terkadang UMKM sendiri berfikir bahwa mentoring itu tidak penting, tapi hal ini mereka akan semakin tertantang melihat teman-teman mereka yang kami sudah mentoring dan akhirnya berhasil,” ungkap Wiwin.

Dalam kerja sama tersebut, Kemenkop UKM bersama Mercy Corps Indonesia menyediakan akses kemudahan berusaha bagi pelaku usaha mikro melalui peran pendampingan dengan membentuk lebih dari 200 relawan Garda Transfumi di 5 wilayah utama yaitu Jadetabek-Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Tidak hanya itu, Garda Transfumi membantu mendorong percepatan transformasi informal ke formal usaha mikro dengan memberikan pendampingan kepada pelaku usaha mikro dalam pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui platform Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) dan akses terhadap mentoring bisnis digital melalui platform MicroMentor Indonesia.

Dalam waktu empat bulan sejak diluncurkannya OSS-RBA pada Agustus 2021, Garda Transfumi telah menerbitkan lebih dari 17.000 NIB bagi pelaku usaha mikro. Pencapaian ini melebihi target reguler Kemenkop UKM sebanyak 5.000 penerbitan NIB di tahun 2021.

Oleh karena itu, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki bersama Mercy Corps Indonesia berinisiatif memberikan apresiasi kepada Garda Transfumi. Diharapkan ke depan Garda Transfumi dapat lebih meningkatkan antusiasme mereka dalam menjalankan pendampingan untuk memajukan UMKM.

Sementara pada tahun 2022, KemenkopUKM dan Mercy Corps Indonesia akan menambah mitra kerja sama di antaranya dari Tokopedia, dan GOJEK. Kolaborasi ini diharapkan dapat menjangkau UMKM lebih luas lagi.***

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Total Penyaluran BPUM 2021 Rp15,36 Triliun kepada 12,8 Juta Usaha Mikro

29 November 2021 - 09:23 WIB

MenKopUKM: Pemerintah Akan Lakukan Revitalisasi Koperasi Berbasis Sektor Produksi

28 November 2021 - 10:14 WIB

Koperasi Berbasis Sektor Produksi

Harga Rumah Kota Bogor Stagnan dan Jadi Favorit Pencari Hunian

27 November 2021 - 15:04 WIB

KemenKopUKM Dorong Pembentukan Ekosistem Kondusif Koperasi dan UKM

26 November 2021 - 19:50 WIB

Ekosistem

Live Shopping KemenKopUKM Diharapkan Lahirkan UKM Go Digital

25 November 2021 - 19:22 WIB

Live Shopping

Atasi Kemiskinan Ekstrim dan Mahalnya Harga Barang di Papua, KemenKopUKM Tawarkan Bentuk Koperasi Distribusi

25 November 2021 - 16:27 WIB

Koperasi Distribusi
Trending di Ekonomi

Sorry. No data so far.