Thursday, 25 April 2024
HomeTravellingGemes! Seekor Bayi Sapi Jenis Farm House Lahir di Kuntum Farmfield

Gemes! Seekor Bayi Sapi Jenis Farm House Lahir di Kuntum Farmfield

Bogordaily.net – Telah lahir dengan selamat, seekor pedet/ jenis dari seekor bernama , Minggu 14 November 2021 jam 14.00 WIB di , Tajur Bogor.

Tanda-tanda kelahiran sudah terlihat sekitar pukul 11 WIB. Karena sungsang, maka dibantu ditarik dengan menggunakan tali.

Proses kelahiran dibantu oleh Pak Hendri Pranata dari Dinas Peternakan dan Pak Jodi dari BET (Balai Embrio Ternak) Cipelang.

Tadinya diharapkan didapat 2 pedet kembar, 1 dari hasil inseminasi buatan (sperma dimasukan ke rahim dengan bantuan alat) dan satu lagi dari hasil Embrio Transfer. Cara yang ini, janin akan dimasukkan ke rahim.

Kedua cara itu diterapkan bersamaan ke kandung rahim untuk menghemat biaya dan waktu, karena proses kelahiran sapi hampir sama dengan manusia, kurang lebih 9 bulan.

Proses Inseminasi buatan dan Transfer embrio pada dilakukan dengan jeda satu minggu. Inseminasi buatan lebih dulu.

Bayi sapi

Setelah satu minggu dan sperma menjadi embrio, baru proses transfer embrio dilakukan, supaya nanti lahir kembar dan bersamaan.

Tapi sayangnya gagal. Salah satunya tidak berkembang dan mati. Pedet betina yang baru lahir ini bobotnya 41 kg.

Andai yang lahir jantan, akan disumbangkan ke Balai Embrio Ternak untuk dijadikan pendonor sperma. Selama ini, bibit sapi berupa sperma dan embrio masih diimport dari Australia.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here