Monday, 13 May 2024
HomeTravellingGerbang Satria di Lumbis Pansingan Telah Diuji Secara Akademis, Hukum dan Pemerintahan

Gerbang Satria di Lumbis Pansingan Telah Diuji Secara Akademis, Hukum dan Pemerintahan

Bogordaily.net – Rancangan dan bentuk implementasi Gerakan Pembanguan Pariwisata Riam/Giram () Lumbis Pansiangan telah diuji secara akademis, hukum dan pemerintahan dalam ujian Aksi Perubahan (Inovasi) Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Nunukan tahun 2022. Hal itu disampaikan Plt. Camat , Lumbis S.Sos, Selasa 16 November 2021.

Seperti dilansir pada laman facebooknya, Lumbis, menyampaikan Gerakan Pembanguan Pariwisata Riam/Giram () Lumbis Pansiangan telah diuji oleh dua asisten Setkab Nunukan, Muhammad Amin, Asisten Pemerintahan dan Kesra, H. Asmar, Asisten Adminstrasi dan Plt. Kepala Inspektorat Nunukan bersama Coach dari BPSDM Kalimantan Utara, Adi Zulkifli, ST.MH.

“Sebagai reformer tentunya saya berharap dalam mileston jangka menengah dan jangka panjang menjadi rule model pembangunan di Lumbis Pansiangan,” kata Lumbis.

Lumbis menambahkan, secara konsisten dengan berbasiskan potensi yang dimiliki Desa, membuat arah pembangunan desa lebih terarah dan terintegrasi dengan visi-misi yang tertuang dalam RPJMD .

Kemudian Plt. Lumbis Pansiangan menuturkan, Malinau ada Gerbang Dema yang kemudian disebut Gerdema, di Kutai Kartanegara dulunya ada Gerbang Dayaku yang kemudian saat ini Gerbang Raja.

Walaupun pada tingkatan yang berbeda hanya pada ruang lingkup Kecamatan Lumbis Pansiangan, tetapi kata Lumbis, ia berpandangan bahwa untuk akselarasi dan arah pembanguan harus ada konsep atau rule.

Model yang harus menjadi acuan yang tujuannya untuk penataan pembangunan Desa dan perbatasan yang memiliki efek domino terhadap peningkatan ekonomi masyarakat khususnya masyarakat perbatasan.

“Sehingga pembangunan tidak ‘secara sporadis tiba masa tiba akal',” ungkapnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here