Sunday, 5 May 2024
HomeKabupaten BogorGus Udin Minta Kader MUI Jangan Sampai Terjerumus ke Dalam Paham Ekstrimisme...

Gus Udin Minta Kader MUI Jangan Sampai Terjerumus ke Dalam Paham Ekstrimisme dan Radikalisme

Bogordaily.net – Ketua MUI Bidang Pendidikan Saepudin Muhtar meminta alumni (PKU) jangan sampai terjerumus ke dalam paham ekstrimisme dan radikalisme yang dapat menyebabkan disintegrasi bangsa dan menghancurkan kerukunan antar umat beragama.

“MUI bersama Pemda kompak dalam menangkal paham ekstrimisme dan radikalisme. Kami gencar mensosialisasilan paham Islam Wasathiyah atau moderasi beragama kepada seluruh kader ulama dan pengurus MUI sampai tingkat desa pada kegiatan Pembinaan MUI,” ujar pria yang akrab dipanggil di hadapan 50 mahasiswa/i Pendidikan Kader PKU angkatan XV di Wisma Dharmais, Sukaraja, Sabtu 21 November 2021.

Pria yang merupakan alumni Pertukaran Pemuda Asia Tenggara Jepang itu, juga menyampaikan, pihak MUI dan terus menjalin komunikasi yang baik dengan para tokoh agama dan tokoh masyarakat guna menyampaikan pesan bahaya paham ekstrimisme dan radikalisme.

“Kami selalu mengingatkan kepada para kader ulama agar cerdas dalam menggunakan media sosial. Medsos ini harus dimanfaatkan untuk mencegah penyebaran paham ekstrimisme, radikalisme dan anti Pancasila, serta meminimalisir berita hoax atau bohong,” tegasnya.

Di saat yang sama, Pengasuh Ponpes Darul Mizan Tenjolaya ini juga berpesan kepada para alumni PKU angkatan XV untuk terus berproses. “Yang terpenting untuk kader adalah berproses, jangan ingin instan. Nikmati prosesnya,” ujarnya.

Dia melanjutkan, dalam proses tersebut, kader PKU XV harus bisa melalui 4 dauroh atau fase dalam berproses yakni dauroh Musta'malah, Mu'tarofah, Mu'tabaroh, dan Dauroh Muhtaromah.

“Kita semuanya sudah mulai menikmati proses tersebut, nikmati prosesnya. Ingat, jangan sampai setelah menjadi alumni kita tidak ingin berproses lagi, bahkan mengaku cukup sebagai ulama, itu salah. Anda tetap berproses, ingat umat menanti anda semuanya,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum H. Irfan Awaludin meminta kepada para alumni PKU untuk menjaga integritas sebagai seorang kader ulama.

“Seorang kader ulama harus mampu menjaga integritas. Dan saya meminta pasca lulus dari PKU harus berkontribusi terhadap pembangunan masyarakat,” pungkasnya.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here