Tuesday, 23 April 2024
HomeKota BogorJalankan Patroli Sahabat Warga, Bhabinkamtibmas Pantau Pohon Rawan Tumbang

Jalankan Patroli Sahabat Warga, Bhabinkamtibmas Pantau Pohon Rawan Tumbang

Bogordaily.net – Kondisi cuaca khususnya di Kota Bogor saat ini mengalami peningkatan terutama curah hujan yang disertai angin kencang. Kondisi itu berpotensi terjadi tanah longsor, banjir serta .

Menyikapi hal itu, jajaran Polresta Bogor Kota dengan me-launching program ‘', merupakan patroli siaga bencana yang bertujuan mengurangi resiko korban dari bencana, serta mengigatkan masyarakat supaya mengetahui kondis daerah bantaran sungai ataupun daerah rawan bencana. Diharapkan program tersebut dapat membantu masyarakat.

Polsek Bogor Tengah, Polresta Bogor Kota Aiptu Sudirman, pada Selasa 16 November 2021, melaksanakan patroli memeriksa kondisi salah satu pohon besar yang dahan atau cabangnya dalam keadaan retak di jalan Pajajaran depan Mes Suryakencana 31 RT01/ RW04, Kelurahan Babakan. Jika terjadi hujan lebat dikhawatirkan dahan akan patah dan menimpa bahu jalan

“Saya sebagai mengecek daerah yang rawan seperti di Jalan Pajajaran, kemudian menemukan salah satu pohon yang cukup besar dan beranting besar terlihat retak yang cukup rawan sebab melintas diatas Jalan Pajajaran yang merupakan jalur utama,” ujar Polsek Bogor Tengah, Polresta Bogor Kota Aiptu Sudirman, Rabu 17 November 2021.

Menurutnya, kondisi cabang pohon tersebut sangat berbahaya. Jika dibiarkan dan tidak ditebang, akan sangat berbahaya bagi pengguna jalan.

“Hal ini sudah saya beritahukan kepada pihak dinas pertamanan Kota Bogor,” tambahnya.

Saat dikonformasi, Kepala Bidang Pengelolaan dan Keanekaragaman Hayati dinas perumahan dan pemukiman Kota Bogor, Irfan Zaki Faizal membenarkan dirinya mendapatkan laporan dari Polresta Kota Bogor bahwa ada dahan atau ranting yang patah.

“Kami sudah melakukan pemangkasan dahan yang dimaksud guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti dahan patah yang mengakibatkan kecelakaan atau berimbas kepada pengguna jalan,” katanya.

“Maka dari itu saya mengucapkan terimakasih kepada pihak Polresta Bogor Kota atas informasi yang diberikan kepada kami,” pungkasnya.***

 

(Ibnu Galansa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here