Tuesday, 30 April 2024
HomeBeritaKenali Mitos dan Fakta Seputar Hepatitis bersama RS Azra Bogor

Kenali Mitos dan Fakta Seputar Hepatitis bersama RS Azra Bogor

Bogordaily.net Rumah Sakit Azra Bogor, dr Suryanto, Sp.PD mengupas tuntas seputar mitos dan fakta penyakit .

Mitosnya B menular melalui peralatan makan yang digunakan secara bersamaan. Faktanya tidak menular melalui makanan atau kontak biasa, karena B dapat menular melalui darah atau cairan tubuh dari penderita yang terinfeksi seperti pada saat persalinan.

Lalu akibat penggunaan alat suntik, transfusi darah, penggunaan pisau cukur, penggunaan sikat bergantian (jika penderita memiliki penyakit mulut seperti sariawan, gusi berdarah, dll), luka yang mengeluarkan darah serta hubungan seksual dengan penderita.

Mitos lainnya, selalu ditandai dengan penyakit kuning, faktanya tidak semua penderita mengalami penyakit kuning.

Pada kebanyakan kasus, fase awal penyakit ini terdeteksi melalui pemeriksaan laboratorium secara rutin.

Jika sudah berlanjut menjadi penyakit sirosis atau kanker hati, barulah berbagai gejala, termasuk kuning, dapat muncul. Untuk itu, lakukan pemeriksaan kesehatan hati secara berkala.

Mitos selanjutnya, B tidak perlu kontrol ke dokter meskipun tidak ada keluhan dan kelaian. Faktanya tetap harus kontrol ke dokter dengan pemeriksaan laboratorium dan USG meskipun tidak ada keluhan.

Agar dapat diketahui sedini mungkin jika virus B aktif atau ada komplikasi seperti pengerasan hati ataupun adanya tumor pada hati

Informasi lebih lanjut tentang layanan Rumah Sakit Azra lainnya silahkan menghubungi 0251-8318-456 atau 0251-8370-349.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here