Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaMulai Mewabah di Kabupaten Bogor, 1.025 Warga Terserang DBD

Mulai Mewabah di Kabupaten Bogor, 1.025 Warga Terserang DBD

Bogordaily.net – Pada musim penghujan kasus Demam Berdarah Dengue atau mulai di . Bahkan penyakit tersebut sudah merengkut dua nyawa warga Kecamatan Nanggung.

“Jadi daerah kita itu endemik , kalau endemik itu kan memang setiap tahun pasti ada . Kami mengajak masyarakat untuk tetap menerapkan pola hidup bersih juga sehat,” ungkap Sekretaris (Dinkes) , Agus Fauzi, Senin 22 November 2021.

Pada musim penghujan seperti sekarang ini, menurutnya potensi semakin tinggi, sehingga warga harga meningkatkan kewaspadaannya.

Dia mengungkapkan, Dinkes Kabupaten Bogor mencatat sebanyak 1.025 kasus terjadi sepanjang tahun 2021 atau sampai 17 November 2021. Angka tersebut lebih sedikit dibanding dengan kasus ditahun sebelumnya pada periode yang sama sebanyak 1.296 kasus.

“Kami sudah melakukan upaya promotif dan preventif kepada masyarakat. Dengan mengedukasi dan sosialisasi akan pentingnya menjaga lingkungan yang bersih dan sehat dengan menggerakkan tenaga di puskesmas,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, jika menemukan kasus tersebut, pihaknya langsung bergerak menuju lokasi kejadian melalui tenaga kesehatan di puskesmas.

“Puskesmas melakukan penyuluhan kepada masyarakat. Pentingnya 3M, menjaga lingkungan yang bersih. Itu harus dilakukan,” tuturnya.

Lebih jauh dia menjelaskan jika sudah ada kasus, pertama pihaknya penyelidikan epidemiologi dengan mendatangi lokasi dimana itu terjangkit.

“Setelah itu Kami lakukan pemeriksaan jentik. Kalau positif, dilakukan penyemprotan atau fogging biasanya 100-200 meter dari lokasi pasien yang terjangkit,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here