Wednesday, 8 May 2024
HomePolitikPendaftaran Calon Anggota KPU dan Bawaslu Sepi Peminat, Ini Alasannya

Pendaftaran Calon Anggota KPU dan Bawaslu Sepi Peminat, Ini Alasannya

Bogordaily.net – Hingga Senin 1 November 2021 berkas pendaftar yang masuk ke meja panitia seleksi () pemilihan dan masih sedikit.

Tepat pukul 20.30 WIB, total pendaftar tercatat sebanyak 38 orang, terdiri dari 31 laki-laki dan 7 perempuan. Sementara untuk pendaftar calon anggota sebanyak 28 orang, terdiri dari 25 laki-laki dan 3 perempuan.

“Pendaftar KPU dan minim dikarenakan masyarakat ragu dengan independensi ,” ujar Direktur Pusat Riset Politik Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam, Rabu 3 November 2021.

Saiful mengungkapkan, keraguan itu muncul karena di dalam tim terdapat beberapa orang yang masih terikat dan terafiliasi dengan jabatan-jabatan penting di pemerintahan.

“Sehingga banyak calon-calon potensial yang merasa ragu akan independensi yang diisi dari kalangan eksekutif aktif,” terang Saiful.

Apalagi, rakyat sudah disuguhkan dengan berbagai asumsi liar soal independensi yang terlalu banyak diisi oleh kalangan yang memiliki jabatan-jabatan penting dalam pemerintahan.

“Banyak calon yang berkualitas enggan mendaftar. Karena mereka tahu, untuk apa mendaftar kalau pada akhirnya mereka harus terpental, dan bukan tidak mungkin justru calon-calon yang terpilih adalah mereka yang dekat atau bahkan menghamba pada kekuasaan,” paparnya.

Hal tersebut dianggap merupakan fenomena unik namun nyata terjadi. Di mana, Pansel mestinya berasal dari kalangan tokoh masyarakat yang sudah tidak memiliki kepentingan apapun.

“Ini merupakan awal yang buruk utamanya bagi kontestasi 2024 mendatang, di mana dari awal utamanya pansel sudah diisi oleh orang-orang yang sangat diragukan independensinya,” pungkasnya.(rmo/sh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here