Saturday, 20 April 2024
HomeKota BogorRM Tirto Adhi Soerjo, Jurnalis Kritis yang Dijadikan Nama Jalan di Kota...

RM Tirto Adhi Soerjo, Jurnalis Kritis yang Dijadikan Nama Jalan di Kota Bogor

Bogordaily.net – Pemerintah Kota Bogor bersama Yayasan Priatman Untuk Negeri menggelar bedah profil bertajuk ‘Mengingat Sang Pemula, Melestarikan Seni dan Budaya' di halaman Bogor Creative Center, Jalan Juanda, Bogor Tengah, Selasa 9 November 2021.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian jelang nama sang tokoh pers dan tokoh kebangkitan nasional ini diabadikan menjadi menggantikan Jalan Kesehatan, Tanah Sareal. Di jalan ini pula berdiri Sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia () Kota Bogor.

Dalam sambutannya, Bima Arya mengatakan bahwa cukup banyak tokoh-tokoh legendaris yang hebat tercatat dalam sejarah dan diakui oleh negara.

Tapi sayangnya, tak sedikit juga tokoh-tokoh tersebut tidak dikenal secara kekinian oleh anak-anak muda.

“Padahal kiprahnya luar biasa, berpengaruh dan seharusnya menginspirasi. Salah satunya adalah sosok . Surat kabar pertama yang berbahasa melayu, didirikan oleh beliau. Beliau juga mempin Sarikat Islam. Jurnalis yang kritis, juga menjadi organisator dan aktivis,” ungkap Bima Arya.

Bima melanjutkan, kisah dan sosok Tirto yang fenomenal kemudian menginspirasi Pramoedya Ananta Toer untuk membuat buku berjudul ‘Bumi Manusia'.

“Pramoedya Ananta Toer ‘menghidupkan' ketokohan Tirto dalam sosok Minke dan kemudian difilmkan oleh Hanung Bramantyo. Sosok Minke diperankan oleh Iqbaal Ramadhan. Saya nonton (streaming) film itu waktu (terpapar) Covid. Film yang bagus,” ujar Bima.

Menurut Bima, sosok Tirto penting untuk dipopulerkan kembali secara kekinian.

“Karena hari ini kita melihat tantangan teman-teman jurnalis adalah begitu. Tetap kritis di masa krisis itu tidak mudah. Saya kira itu tantangan kita sekarang, menjaga jurnalisme yang kritis, sehat, produktif dan independen,” katanya.

Untuk membumikan kembali sosok Tirto, namanya akan diabadikan menjadi sebuah jalan di Kota Bogor.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here