Thursday, 28 March 2024
HomeNasionalSah! Jenderal TNI Andika Perkasa Resmi Jadi Panglima TNI

Sah! Jenderal TNI Andika Perkasa Resmi Jadi Panglima TNI

Bogordaily.net resmi menjadi Panglima TNI setelah dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Rabu 17 November 2021. Andika mengemban jabatan barunya usai mengucap sumpah jabatan di depan Jokowi.

Melalui siaran langsung dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, proses pelantikan dimulai pada pukul 13.38 WIB. Telihat dalam video, Jokowi memasuki ruangan dilanjutkan dengan pengumandangan lagu Indonesia Raya.

Setelah itu, Andika menyampaikan sumpah jabatan dengan mengikuti pernyataan yang disampaikan Jokowi.

“Apakah saudara bersedia diambil sumpah jabatan?,” tanya Jokowi.

“Bersedia,” jawab Andika.

Andika pun mengulangi sumpah jabatan yang dibacakan oleh Jokowi. Adapun sumpah jabatan yang disampaikan yakni:

Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada negara kesatuan RI yang berdasarkan pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara.

Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dan penuh dengan rasa tanggung jawab bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit.

Usai mengucapkan sumpah jabatan, Andika dan Jokowi menandatangani berita acara. Adapun Menko Polhukam Mahfud MD dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menjadi saksi pada proses tersebut.

Prosesi pelantikan dilanjutkan dengan penyerahan tongkat komando. Penyerahan tongkat komando menjadi simbol resminya Andika menjadi Panglima TNI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here