Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaSapta Bela Ingatkan Seluruh Ketua Osis SMP Terkait 5 Hal Kepemimpinan

Sapta Bela Ingatkan Seluruh Ketua Osis SMP Terkait 5 Hal Kepemimpinan

Bogordaily.net, mendapatkan kesempatan menjadi narasumber pada kegiatan () kepada , Senin 15 November 2021.

Kegiatan ini diusung oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor yang digelar pada 2 hari, mulai dari Senin 15 November sampai Selasa 16 November 2021.

Pada hari pertama, Sapta menjelaskan tentang pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan.

“Tujuan ini juga dapat membangun kepemimpinan dan organisasi yang efektif, efisien yang membawa perubahan positif di lingkungan intra sekolah di Kota Bogor,” ucapnya.

Lanjutnya, kepemimpinan mencakup tentang keberanian, pengabdian, dan bermimpi untuk mewujudkan harapan atau tujuan.

“Kepemimpinan itu sendiri tidak terlepas dari kepercayaan diri dan pengambilan keputusan. Setiap tindakan dan cara berpikir seorang pemimpin mesti mampu meyakinkan orang lain dalam organisasi akan kemampuan yang dimiliki sang pemimpin,”paparnya.

Menurutnya ketua osis juga harus bisa berkomunikasi dengan baik, ada banyak tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh ketua osis, sehingga menuntut untuk mampu berkomunikasi baik dengan rekan sesama siswa, guru maupun kepala sekolah.

“Selain membangun komunikasi yang baik, ketua osis juga harus bersikap bijaksana kepada seluruh siswa yang ada dalam lingkungan sekolah tersebut. Sebagai ketua harus mampu bijaksana baik dalam bentuk kata-kata maupun dalam bentuk perbuatan,” ujar Sapta.

Seluruh Ketua osis
di mengikuti kegiatan , Senin 15 November 2021. (Istimewa/Bogordaily.net)

Kata Sapta, terkadang ada alasan menjadi ketua osis mungkin ingin dihormati dan dihargai karena jabatannya, namun jika ingin menjadi ketua osis yang baik dan disenangi semua orang maka bersikap rendah hati.

“Meskipun memiliki jabatan maka tidak boleh ada rasa bahwa kalian yang paling berkuasa diantara yang lain. Ingat kalian menjadi ketua osis karena rekan-rekan yang lain,” tegasnya.

Fakta ketua osis yang tidak bisa anda pungkiri adalah tanggung jawab, setelah resmi terpilih maka anda harus mampu menjalani semua kewajiban sesuai aturan yang sudah ditetapkan, tak lupa pula visi misi yang sudah dipaparakan sebelumnya harus direalisasikan sebagai bentuk dari rasa tanggung jawab anda sebagai ketua osis.

Sapta juga membahas pentingnya menjadi pemimpin yang jujur.

“Sudah dipercayakan menjadi seorang pemimpin, maka jagalah kepercayaan itu dan senantiasa bersikap jujur dan tebuka. Jika ada masalah dan anda sebagai ketua osis merasa tidak mampu untuk melakukannya sendiri maka sampaikan kepada anggota kepengurusan agar bisa mencarikan solusi dan minta saran kepada guru yang berkaitan dengan osis,” pungkasnya.

Kegiatan ini sukses digelar dan tetap mematuhi protokol kesehatan, para siswa juga diwajibkan untuk menggunkan masker.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here