Tuesday, 30 April 2024
HomeKabupaten BogorTingkatkan SDM, Ratusan Petani Cibungbulang Ikuti Bimtek

Tingkatkan SDM, Ratusan Petani Cibungbulang Ikuti Bimtek

Bogordaily.net – Difasilitasi oleh () Balitbang Kementrian Pertanian, ratusan se-Kecamatan Cibungbulang mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait pemanfaatan teknologi, iklim dan air yang bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Bogor, Kamis 4 Nobember 2021.

Kegiatan itu sendiri dibuka oleh Staf Ahli DPR RI Daden Ahmad Sugiri sekaligus mewakili Anggota Komisi IV DPR-RI Ikhsan Firdaus, berlangsung di aula Kantor Desa Dukuh.

Daden mengatakan dalam kegiatan Bimtek itu para juga menyampaikan beberapa kesulitan dan kendala, yang dihadapi para seperti bagaimana mengatasi penyakit atau hama tanaman.

“Tentu tadi juga Ahli menyampaikan pandangannya sehingga mereka () mendapatkan solusi apa yang harus dilakukan pada saat bercocok tanam,” ungkap Daden Ahmad Sugiri kepada wartawan pada, Kamis 4 November 2021.

Daden mengatakan, bahwa kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman bagi para dengan pemanfaatan iklim dan air.

“Agar para petanu lebih produktif dalam bertani,” ungkapnya.

Daden mengatakan, berangkat dari Bimtek ini tentu nanti akan pihaknya juga akan menyerap apa yang menjadi kendala-kendala para .

“Seperti tadi ada keluhan dari petani, mereka ini bisa bercocok tanam tetapi kesulitan untuk menjual, kalau berbicara keluhan tentu kita tampung walaupun masih ada korelasinya tetapi sebenarnya tujuannya bukan itu,” katanya.

Daden juga mengatakan kendala kendala itu juga akan menjadi catatanya sebagai bahan laporan kepada Anggota Komisi IV DPR RI Ikhsan Firdaus untuk dicarikan solusinya.

“Tadi juga secara virtual sudah disampaikan ke pak Ikhsan Firdaus bahwa hal-hal seperti ini memang keluhan yang biasa dirasakan oleh masyarakat,” ucapnya.

Kegiatan Bimtek pemanfaatan teknologi, iklim dan air tersebut kata Daden Wijaya, merupakan kegiatan ke enam.

“Ada lagi kegiatan berikutnya, Bimtek pertanian tanaman pangan, bagai mana para petani ini bisa mendapatkan program langsung bantuan dari pemerintah pusat leading sektor Kementrian Pertanian, itu nanti bagaimana program tersebut bisa dikelola oleh petani yang ada di kabupaten Bogor,”pungkasnya. (Ruslan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here