Friday, 29 March 2024
HomePolitikWaduh, Laporan Prodem Dugaan Bisnis PCR Luhut-Erick Thohir Ditolak Polda

Waduh, Laporan Prodem Dugaan Bisnis PCR Luhut-Erick Thohir Ditolak Polda

Bogordaily.net – Laporan Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (Prodem) terkait dugaan bisnis tes Covid-19 dengan metode polymerase chain reaction (), Menko Kemaritiman dan Menteri BUMN ditolak

Atas penolakan itu, Ketua Prodem Iwan Sumule mempertanyakan alasan dari penyidik yang meminta mereka untuk lebih dulu membuat surat pemberitahuan ke pimpinan .

“Baru kali ini ada kelompok masyarakat ingin melakukan pengaduan atas tindak pidana yang dilakukan penyelenggara negara, harus bikin surat dulu kepada pimpinan Polda,” kata Iwan di , Senin 15 November 2021.

Iwan merasa pihaknya telah diperlakukan tidak adil. Sebab, menurut pengetahuannya, warga yang akan membuat laporan tak perlu membuat surat pemberitahuan kepada pimpinan.

“Kenapa kita harus menulis surat hanya sekadar melakukan pelaporan. Ini yang kami sesalkan pihak kepolisian tidak memberikan perlakuan yang sama kepada Prodem,” ujarnya.

Lebih lanjut, Iwan menyebut bahwa pihaknya bakal membuat laporan ke Mabes Polri setelah laporan di ditolak.

“Kalau di sini tidak ya kita akan laporkan ke Mabes Polri,” ucap Iwan.

Luhut telah angkat suara soal rencana laporan terhadap dirinya ini. Ia mengaku tak mempermasalahkan jika dirinya dilaporkan ke pihak berwajib.

Luhut justru menyinggung bahwa setiap pernyataan itu harus berdasarkan pada data. Termasuk soal tudingan bahwa dirinya terlibat dalam bisnis .

“Kita juga harus belajar untuk bicara tuh dengan data, jangan pakai perasaan atau rumor gitu, itu kan kampungan, kalau orang bicara katanya-katanya kan kan capek-capekin aja, hanya untuk mencari popularitas, paling di audit selesai,” tutur Luhut.

Dugaan Luhut dan terlibat bisnis mulanya diungkap oleh eks Direktur YLBHI Agustinus Edy Kristianto.

Kata Edy, keterlibatan Luhut ini lewat PT Toba Bumi Energi dan PT Toba Sejahtra, anak PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA).

Sedangkan Erick Thohir dikaitkan dengan Yayasan Adaro Bangun Negeri yang berkaitan dengan PT Adaro Energy Tbk (ADRO). Perusahaan itu dipimpin oleh saudara Erick, Boy Thohir.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here