Tuesday, 7 May 2024
HomeKabupaten BogorWakil Bupati Bogor Ikuti Rakor, Bahas Antisipasi Penyebaran Covid-19 Jelang Nataru

Wakil Bupati Bogor Ikuti Rakor, Bahas Antisipasi Penyebaran Covid-19 Jelang Nataru

Bogordaily.net, Iwan Setiawan ikuti Rapat Koordinasi secara virtual dengan
Dirjen Perhubungan Darat untuk membahas Penanganan Penyebaran Covid-19 dan Antisipasi Lonjakan Pengunjung Pada Lokasi Wisata, di Ruang Rapat 1 Setda Kabupaten Bogor, Senin 8 November 2021.

Secara virtual Dirjen Hubungan Darat Kemenhub RI, Budi Setyadi menuturkan, terkait dengan kegiatan masyarakat saat ini yang cenderung ingin keluar rumah, dan berbondong-bondong untuk melakukan perjalanan terutama berwisata ke beberapa lokasi yang ada di Indonesia.

Kecenderungan ini tidak hanya terjadi di Jawa, namun juga di Sumatera juga di beberapa daerah yang lain. Kondisi seperti itu, perlu diwaspadai.

“Kalau kita tidak berhati-hati dan tidak waspada, bisa saja nanti terjadi lonjakan ketiga pada saat natal dan ,” tandasnya.

Budi Setyadi menyatakan, dirinya juga telah mengirimkan surat kepada para gubernur, bupati/walikota untuk mewaspadai dan melakukan mitigasi, terutama dari aspek manajemen rekam lantas untuk pembatasan pengunjung ke masing-masing kawasan atau lokasi wisata.

Ini ia lakukan karena biasanya kalau terjadi satu klaster di beberapa lokasi wisata, nanti yang menjadi persoalan utama adalah menyangkut masalah mobilitas atau transportasi.

“Kami sangat berharap kepada para Bupati, Walikota, Kapolres, juga Dandim, untuk bisa saling berkolaborasi melakukan upaya pembatasan di masing-masing lokasi, terutama pembatasan pengunjung di beberapa lokasi wisata yang cenderung sangat diminati masyarakat,” imbuhnya.

Selanjutnya, , Iwan Setiawan mengatakan, terkait kegiatan penanganan Covid-19 yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Bogor salah satunya masih fokus mempercepat capaian angka vaksinasi agar mencapai 70%, serta berupaya fokus menurunkan level PPKM dari level 3 ke level 2.

“Untuk persentasi vaksinasi di Kabupaten Bogor sudah di angka 51,75%, untuk tahap pertama dan juga untuk tahap kedua sudah di angka 35,24%. Jika di rata-rata secara keseluruhan, kita sudah di angka 51,35%. Kalau diakumulasi dengan angka, total yang sudah divaksin mencapai 3,5 juta penduduk Kabupaten Bogor,” ungkapnya.

Lanjut Wakil Bupati menyatakan, dirinya juga tengah fokus pada antisipasi penyebaran Covid-19 terlebih menjelang Hari Natal dan .

Mengingat Kabupaten Bogor masih berada di level 3 sehingga masih banyak kegiatan baik itu pariwisata dan kegiatan lainnya masih ketat.

“Kami sedang melakukan penguatan Prokes dan pembatasan mobilitas salah satunya destinasi wisata kawasan Puncak. Insyaallah kami dengan Forkopimda akan membuat satu formula bagaimana untuk mengantisipasi lonjakan kegiatan masyarakat maupun wisatawan di akhir Desember,” tegasnya.

Menurut Iwan Setiawan, ia bersama Forkopimda, Dinas Pariwisata dan Satgas Covid-19 Kecamatan juga fokus untuk menginspeksi ke tempat-tempat wisata luar ruang, tempat camping, wisata alam, curug, dan juga yang sekarang trend adalah camping ground, yang di tenda-tenda itu mulai meninggi okupansinya dan ini menjadi trend baru di Puncak.

“Memang tidak banyak sekarang yang berwisata di hotel paling ke villa dan ke tempat-tempat alam. Untuk itu kami fokus bagaimana mentreatment para pelaku wisata dan pelaksana wisata di puncak ini untuk menerapkan Protokol Kesehatannya. Kami dengan Disbudpar serta Satgas Kecamatan terus rutin mengedukasi para pelaku wisata Puncak,” tutur Wabup Bogor

Turut hadir Ketua Komisi III DPRD Sastra Winara, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat, Kasat Lantas Polres Bogor, Perwakilan Kodim 0621, Perwakilan Kejaksaan dan perwakilan kepala SKPD.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here