Friday, 3 May 2024
HomeBeritaWHO Kritik Upaya Negara-negara di Dunia Berlakukan Pelarangan Perjalanan ke Afrika

WHO Kritik Upaya Negara-negara di Dunia Berlakukan Pelarangan Perjalanan ke Afrika

Bogordaily.net – Langkah sejumlah negara di dunia yang memberlakukan larangan perjalanan bagi negara-negara di tengah kekhawatiran penyebaran virus Corona mendapatkan penolakan dari organisasi kesehatan dunia . Saat ini lembaga tersebut tengah mendorong negara-negara di dunia untuk tidak melakukan upaya tersebut.

Seperti dilansir Associated Press dan AFP, Senin 29 November 2021, kritikan itu dilontarkan oleh Direktur Regional untuk , Matshidiso Moeti, dalam pernyataan pada Minggu 28 November 2021 waktu setempat.

“Dengan sekarang terdeteksi di beberapa wilayah di dunia, memberlakukan larangan perjalanan yang menargetkan telah menyerang solidaritas global,” sebut Moeti dalam pernyataannya.

“Pembatasan perjalanan mungkin memainkan peran dalam sedikit mengurangi penyebaran COVID-19 tetapi memberi beban berat pada kehidupan dan mata pencaharian,” imbuhnya.

“Jika pembatasan diterapkan, mereka tidak boleh bersifat invasif atau mengganggu, dan harus berbasis ilmiah, menurut Regulasi Kesehatan Internasional, yang merupakan instrumen hukum internasional yang mengikat secara hukum yang diakui oleh lebih dari 190 negara,” tegas Moeti.

Lebih lanjut, Moeti memuji Afrika Selatan karena mematuhi regulasi kesehatan internasional dan memberitahu sesegera mungkin setelah laboratorium nasionalnya mengidentifikasi .

“Kecepatan dan transparansi pemerintah Afrika Selatan dan Botswana dalam menginformasikan kepada dunia soal ini patut diapresiasi,” ucapnya.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here