Tuesday, 14 May 2024
HomeKabupaten BogorAde Yasin Ajak Gelorakan Olahraga Masyarakat dan Olahraga Tradisional

Ade Yasin Ajak Gelorakan Olahraga Masyarakat dan Olahraga Tradisional

Bogordaily.net – Bupati Bogor, Ade Yasin ingin olahraga masyarakat dan terus digelorakan kembali terutama untuk anak-anak.

Menurutnya aktivitas tersebut dalam rangka mengurangi kecanduan anak-anak terhadap gadget.

Hal tersebut dikatakan Ade Yasin saat membuka kegiatan final lomba Senam Pancakarsa dan Festival yang diselenggarakan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI), di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu 3 Desember 2021.

Bupati Bogor, Ade Yasin mengungkapkan bahwa Pemerintah concern sekali terhadap maupun olahraga masyarakat.

“Alhamdulillah hari ini kita dalam kondisi sehat, bugar masih bisa turut bersama mengikuti acara final lomba Senam Pancakarsa dan Festival yang diselenggarakan KORMI 2021. Tentu saja hari ini berkumpul dengan tetap menjaga protokol kesehatan,” ucapnya.

“Saya kira olahraga masyarakat dan ini perlu digelorakan kembali, apalagi untuk anak-anak. Hal ini dalam rangka mengurangi ketergantungan anak-anak terhadap gadget. Sekarang anak-anak dari mulai usia SD bahkan TK juga sudah main gadget. TK main gadget, terus SD lebih mahir, SMP juga sudah lebih mahir lagi, SMA apalagi. Bahkan sekarang terlihat ketergantungan anak pada gadget meningkat dengan sekolah daring,” tambahnya.

Ade menegaskan, ini tugas kita semua membuat olahraga masyarakat dan bangkit kembali.

Semua yang hadir disini adalah orang-orang yang kita tugaskan untuk menyosialisasikan kembali olahraga masyarakat. Menyosialisasikan kembali warisan budaya kita agar tidak punah. Makanya ada KORMI yang turut melestarikan budaya kita.

Kemudian, lanjut Ade, di Kabupaten Bogor ada senam Pancakarsa, ini menjadi pembeda dari olahraga-olahraga masyarakat lainnya.

Senam Pancakarsa cuma ada di Kabupaten Bogor, ada di seluruh kecamatan, desa, sampai ke tingkat RT dan RW.

Ini adalah untuk menumbuhkan semangat olahraga walaupun olahraga ini tidak mengenal umur, dari mulai anak muda, anak kecil, orang tua semua bisa masuk.

Jadi selain badan sehat, kita juga bahagia. Seorang pemimpin pasti menginginkan masyarakatnya bahagia, mudah-mudahan dengan olahraga kita bisa bahagia.

“Olahraga masyarakat ini juga mendukung tagline Kabupaten Bogor sport and tourism. Jadi kita ingin membangkitkan olahraga bersamaan dengan pariwisata. Wisata dan olahraga bisa bersatu, bisa berkolaborasi, contohnya senam Pancakarsa ini bisa dilaksanakan di tempat-tempat wisata,” tandas Ade.

Selanjutnya, Ade berpesan, jika ada saudara, ada ibu, ada adik, dan siapapun yang belum divaksin, ayo kita ajak vaksin, jika perlu antar ke tempat vaksin.

Ada di kantor desa, di Puskesmas, maupun di tempat-tempat sentra vaksin lainnya. Antar, bila perlu pakai kostum kreasi agar menarik bagi yang mau diajak vaksin.

Ketua Umum KORMI nasional, Hayono Isman menuturkan, atas nama Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Nasional, saya mengucapkan selamat kepada KORMI Kabupaten Bogor.

“Hari ini luar biasa, kita menyaksikan dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa dan lanjut usia hadir dengan penuh semangat berolahraga di Stadion Pakansari. Pemandangan ini hanya bisa dilihat di kegiatan olahraga masyarakat, anak, kakek, nenek, bapak, ibu, cucu ngumpul bersama-sama,” ucap Hayono.

Olahraga Tradisional
Ketua Umum KORMI nasional, Hayono Isman. (Kabupaten.bogor/Bogordaily.net)

“KORMI pusat beserta KORMI Jawa Barat berharap, kita akan menyelenggarakan PON olahraga masyarakat tahun 2022, Insyaallah di bulan Juli saat liburan sekolah. Saya harapkan para juara di sini nanti bisa hadir. Insyaallah dengan dukungan KORMI Jawa Barat nanti akan memasok calon-calon atlet untuk Kabupaten Bogor yang bisa tampil di berbagai event nasional atau internasional,” tuturnya.

Ketua Formi Kabupaten Bogor, Usep Supratman menerangkan, hari ini kita melaksanakan pembukaan Festival Senam Pancakarsa dan Kabupaten Bogor tahun 2021.

Kegiatan Lomba senam Pancakarsa dan festival yang hari ini adalah hasil seleksi di tingkat desa. Yang hadir di sini adalah desa-desa yang mewakili kecamatan.

Olahraga Tradisional

“Alhamdulillah, hadir hari ini sebanyak 1.000 peserta. Saya ucapkan terima kasih kepada kepala desa dan camat yang telah mendukung seleksi senam Pancakarsa di tingkat kecamatan. Kabupaten Bogor memiliki olahraga khusus yaitu senam Pancakarsa. Ini kreasinya Bupati, di setiap tahun harus ada inovasi, walaupun tetap senamnya adalah senam Pancakarsa. Mudah-mudahan tahun 2023 kami KORMI Kabupaten Bogor akan memecahkan rekor MURI untuk senam Pancakarsa ini, semoga tidak ada halangan,” terang Usep.

Hadir Ketua Umum KORMI Nasional, Hayono Isman, Ketua Umum KORMI Jawa Barat, Denda Alamsyah, Ketua KONI Kabupaten Bogor, Junaidi Samsudin, Ketua KORMI Kabupaten Bogor, Usep Supratman, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) dan Pemerintah Kabupaten Bogor.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here