Thursday, 28 March 2024
HomeKota BogorAlun-alun Kota Bogor Resmi Dibuka, Kang Emil Beri Nilai 9

Alun-alun Kota Bogor Resmi Dibuka, Kang Emil Beri Nilai 9

Bogordaily.net – Pemerintah Kota Bogor meresmikan Alun-alun Kota Bogor di Jalan Kapten Muslihat, Kelurahan Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jumat 17 Desember 2021. Diatas lahan kurang lebih 1.7 hektare, ini merupakan alun-alun pertama di Kota Bogor.

Acara peresmian yang berbarengan dengan ulang tahun ke-49 ini juga dihadiri oleh Gubernur , Wali Kota Bogor Bima Arya, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, Danrem 061 Suryakencana Brigjen TNI Ahmad Fauzi, Dandim 0606/Kota Bogor Kolonel Inf Roby Bulan.

Lalu Kapolresta Bogor Kota Susatyo Purnomo Condro, Direktur Utama BUMD kota Bogor, Direktur Utama PT KAI, Kepala Stasiun Bogor, beserta unsur Forkopimda Kota Bogor.

Sebelum peresmian Gubernur bersama Wali Kota Bogor berjalan ke zona Botani sekaligus meresmikan area jogging track alun-alun Kota Bogor dengan mengibarkan bendera.

Dengan menggunakan pakaian adat sunda, bersama Bima Arya berjalan ke batu prasasti peresmian alun-alun Kota Bogor. Mereka berdua mendatangani sebagai simbol alun-alun Kota Bogor resmi dibuka.

Dalam sambutannya Wali Kota Bogor Bima Arya menceritakan alun-alun ini awalnya merupakan Taman Wihelmina yang dibangun setelah Stasiun Bogor, namun beralih fungsi menjadi terminal Kota Bogor.

“Pemerintah kota dari masa ke masa terus berikhtiar melayani warga mendirikan Taman Ade Irma Suryani di sini, Plaza Kapten Muslihat di sana untuk mengenang perjuangannya,” kata Wali Kota Bogor Bima Arya.

“Hari ini menandakan bersatunya kembali yang sudah satu abad berpisah, Stasiun Bogor dan Taman Wihelmina, yang kita beri nama bersama-sama Alun-alun Kota Bogor,” sambungnya.

Lanjutnya Bima menyampaikan, bahwa alun-alun ini bukan hanya tempat bercengkerama dan berolahraga, tapi juga sebagai ikhtiar untuk membangun kebersamaan warga dan untuk membangun peradaban kota.

“Tidak ada kota yang maju dan kuat tanpa warganya yang bersama-sama,” ucapanya.

Sementara itu, Gubernur mengatakan, 27 Kota Kabupaten di diberikan hibah untuk pembangunan alun-alun sebagai identitas dari kota kabupaten.

“Masing-masing dengan dukungan anggaran dari Pemerintah Provinsi Rp. 15 Miliar kita dipersiapkan dan alhamdulillah hasilnya sangat baik saya kasih nilai 9 atas desainnya konsepnya pengerjaannya tinggal dalam prosesnya dijaga,” kata Kang Emil sapaan akrabnya.

Kang Emil juga menuturkan, Alun-alun Kota Bogor sangat istimewa, karena punya dimensi sejarah yang tidak semua kota kabupaten di miliki. Seperti nempel dengan stasiun yang usianya 140 tahun dan akan ada masjid agung.

“Dengan kehadiran alun-alun ini menaikan kelas Kota Bogor sebagai kota aman nyaman dilengkapi dengan fasilitas reformasi transportasi publik yang sudah sangat baik dilakukan oleh Wali Kota Bogor,” ungkapanya.(Ibnu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here