Friday, 26 April 2024
HomeKabupaten BogorBMKG Prediksi Hujan Terjadi Sepanjang Pekan di Puncak Bogor

BMKG Prediksi Hujan Terjadi Sepanjang Pekan di Puncak Bogor

Bogordaily.net – Stasiun Badan Meterologi Klimatologis dan Geofisika (BMKG) Citeko memprediksikan situasi saat ini berpotensi terjadi sepanjang pekan. Seperti yang mengguyur kawasan Bogor Pada Selasa 21 Desember 2021.

“Untuk Kawasan dan sekitarnya peluang masih tinggi terjadi untuk pekan ini.  Selain karena dalam masa musim (Desember – Januari) dan juga fenomena La nila,” ucap Kepala Stasiun BMKG Citeko Fatuhri Selasa 21 Desember 2021.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kondisi tersebut dipengaruhi oleh dua pusat tekanan rendah yang menyebabkan atmosfer di Indonesia menjadi labil dan cenderung banyak mengandung uap air.

“Terpantau ada dua pusat tekanan rendah yaitu di utara Aceh serta di wilayah NTT. Kondisi ini menyebabkan atmosfer di Indonesia menjadi labil dan cenderung banyak mengandung uap air yang cepat berkondensasi membentuk awan-awan besar (awan Cumulonimbus/awan CB). Awan type ini selain menyebabkan lebat juga angin kencang dan bahkan petir,” tambahnya.

Selain itu, menurut Fatuhri kondisi pegunungan di wilayah Bogor juga turut diprediksi akan mempengaruhi intensitas uap air.

“Uap air dipaksa berkondensi naik dikarenakan kontur wilayah Bogor khususnya didominasi oleh pegunungan,” pungkasnya.(Irfan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here