Thursday, 29 February 2024
HomeEkonomiFestival UMKM Inovatif dan Kreatif Diharapkan Tingkatkan Daya Saing UMKM Indonesia

Festival UMKM Inovatif dan Kreatif Diharapkan Tingkatkan Daya Saing UMKM Indonesia

Bogordaily.net – Festival Inovatif dan Kreatif yang baru saja tuntas digelar pada 24-26 Desember 2021 sebagai ajang mempromosikan produk-produk binaan, diharapkan mampu meningkatkan daya saing Indonesia menghadapi persaingan pasar, dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah dalam hal ini yang mewakili dan membaca sambutan pada acara Penutupan Festival Inovatif dan Kreatif di Jakarta Minggu, 26 Desember 2021.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk dukungan Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK) dan Sampoerna untuk Indonesia dalam mempromosikan produk-produk ,” kata Siti Azizah.

Ia menyampaikan bahwa Pemerintah bermaksud menambah jumlah usaha kecil dan menengah agar struktur ekonomi menjadi lebih kuat dan meningkatkan rasio kewirausahaan, dengan target pada tahun 2024 sebesar 3,95% atau penambahan 1,5 juta wirausaha muda, mapan, berbasis inovasi, berkelanjutan, dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Dibutuhkan pertumbuhan wirausaha berbasis inovasi (innovation-driven enterprises) sehingga mampu menjadi UKM unggul dan berkelanjutan (high-growth enterprises).

“Kementerian Koperasi dan UKM siap berkolaborasi membangun ekosistem inovatif bersama seluruh stakeholder untuk penciptaan wirausaha muda mapan, inovasi, berkelanjutan, dan menciptakan lapangan kerja,” katanya.

Selain itu juga dalam rangka meningkatkan rasio kewirausahaan nasional yang pada akhirnya akan membawa dampak positif, bagi penumbuhan ekonomi melalui pembangunan Future SMEs, pahlawan ekonomi kebanggaan Indonesia di masa depan.

“Sejalan dengan hal tersebut, kami mendukung dan memberikan apresiasi atas program pendampingan dan peningkatan kapasitas usaha bagi penghuni rusunawa di wilayah DKI Jakarta dan Karawang yang dilakukan oleh Yayasan INOTEK dan Sampoerna untuk Indonesia,” ungkapnya.

Program ini diharapkan mampu meningkatkan daya saing dalam menghadapi persaingan.

Ia menyampaikan apresiasi dan selamat kepada 50 peserta program yang terpilih untuk dapat mengikuti bazaar dan business matching. Dan ia berharap kegiatan ini mampu memperluas akses pemasaran produk dan memotivasi untuk melakukan inovasi dan berkolaborasi sehingga tercipta skala ekonomi.

“Kami berharap kegiatan ini mampu menciptakan kewirausahaan dalam satu ekosistem, meningkatkan nilai tambah dengan inovasi dan agregasi, menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan konsumsi produk/jasa buatan dalam negeri. #Wirausahapaten#Beli Produk Lokal, Tumbuh,” kata Siti Azizah.

Sementara itu Dewan Pengurus Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK) Rifda Ammarina, menyampaikan terima kasih atas dukungannya kepada KemenKopUKM.

“Dukungan ini sangat berharga bagi kemajuan kita, sehingga dapat terus berkontribusi untuk perkembangan UMKM dan terus berinovasi serta bangkit,” kata Rifda.

Pada kesempatan itu hadir Drs. Sarjoko, MM, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Provinsi DKI Jakarta Arga Prihatmoko, Perwakilan Sampoerna Untuk Indonesia, serta para Peserta Festival UMKM Inovatif dan Kreatif.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here