Thursday, 2 May 2024
HomeEkonomiIronis! Selama Pademi Harta Orang Kaya di Dunia Makin Melonjak

Ironis! Selama Pademi Harta Orang Kaya di Dunia Makin Melonjak

Bogordaily.net – Sungguh ironis, berdasarkan laporan studi besar tentang ketidaksetaraan World Inequality Lab yang berbasis di Paris, ternyata di masa Covid-19 harta yang dimiliki orang-orang terkaya di dunia tercatat melonjak.

Melansir BBC, Rabu 8 November 2021, berdasarkan laporan tersebut, dikatakan bahwa selama tahun 2020 tercatat adanya peningkatan paling tajam dalam jumlah harta kekayaan para miliarder dunia ini. Sementara itu, 100 juta orang lainnya tenggelam dalam kemiskinan ekstrem.

Sedangkan untuk sekarang ini, dikatakan bahwa 10% terkaya dari populasi saat ini memiliki 52% dari pendapatan global. Sementara itu setengah termiskin hanya mengambil 8% dari pendapatan global.

“Peningkatan ini diperburuk selama pandemi Covid. Faktanya, 2020 menandai peningkatan paling tajam dalam catatan kekayaan miliarder global,” kata laporan itu.

Dengan adanya ketimpangan ini, masyarakat di dunia semakin terpolarisasi di mana yang kaya malah makin kaya, sedangkan yang miskin malah tambah miskin.

“Setelah lebih dari 18 bulan Covid-19, dunia bahkan lebih terpolarisasi,” kata Lucas Chancel, co-director World Inequality Lab.

“Sementara kekayaan miliarder naik lebih dari €3,6 triliun (Rp 57.960 triliun bila dihitung dengan kurs Rp 16.100/euro), 100 juta lebih banyak orang bergabung dengan barisan kemiskinan ekstrem,” kata Chancel.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here