Friday, 3 May 2024
HomeEkonomiMoU BNI dan HOI, Menteri Teten Apresiasi Produk Unggulan Tembus Pasar Australia

MoU BNI dan HOI, Menteri Teten Apresiasi Produk Unggulan Tembus Pasar Australia

Bogordaily.net – Kementerian Koperasi dan UKM siap memfasilitasi UKM unggulan untuk masuk dalam platform kerja sama antara PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan House of Indonesia () , terkait penandatanganan Nota Kesepahaman/MoU tentang Pengadaan Ekspor dan Penggunaan Produk-Produk Unggulan Indonesia di Australia.

turut menyaksikan kerja sama yang dilakukan Direktur Utama BNI Royke Tumilaar bersama Direktur Econesia Vidi Vinandar. Yang turut dihadiri, Deputi Bidang Kewirausahaan KemenKopUKM Siti Azizah, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag) Didi Sumedi, Jumat 17 Desember 2021.

Menteri Teten memberikan apresiasi yang tinggi terhadap MoU tersebut. Ia berharap, setelah ditandatangani kerja sama ini, pihak bersama seluruh pihak terkait tancap gas mempersiapkan UKM yang memang telah memenuhi syarat dan memiliki potensi ekspor ke Australia.

HOI
turut menyaksikan kerja sama yang dilakukan Direktur Utama BNI Royke Tumilaar bersama Direktur Econesia Vidi Vinandar, Jumat 17 Desember 2021. (Istimewa/Bogordaily.net)

“Semoga ekspor ke Australia ini bisa lebih cepat dan mudah. Karena banyak warga negara Australia yang sudah lebih mengenal produk-produk Indonesia. Nanti dari Australia ini akan lebih mudah bagi kita untuk masuk ke Belanda, maupun Amerika Serikat. Terutama Amerika bagian selatan seperti San Francisco dan Los Angeles. Karena di sana banyak penduduk Asia yang selera nya mirip-mirip dengan Indonesia,” kata Teten.

Hal ini juga sambungnya, sejalan dengan amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menaikkan kontribusi UMKM terhadap ekspor yang baru sebesar 14,37 persen.

“Di mana kita punya target ekspor UMKM hingga 19 persen tahun depan,” ucapnya.

MenKopUKM juga meminta untuk terus memperkuat model bisnis serta pembiayaan bagi UKM potensi ekspor. Serta memperbaiki sistem logistik yang ada saat ini, di mana terdapat beberapa kendala. Mulai dari izin usaha hingga ketersediaan kontainer.

Menteri Teten mengatakan, Implementasi Indonesia Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) harus dimanfaatkan dengan kolaborasi antara BNI dan , yang menjadi jembatan pembuka peluang pasar produk-produk unggulan Indonesia ke Australia yang lebih besar dan berkelanjutan.

“Saya percaya UKM Indonesia mampu bersaing di pasar internasional,  banyak UKM yang telah menerapkan prinsip eco-friendly dan sustainability,” tutur Menteri Teten.

Ia menyebut, banyak UKM Indonesia yang sudah memenuhi standar atau persyaratan yang ditetapkan Australia seperti ketentuan label dan kemasan, prosedur karantina (Biosecurity Act and Imported Food Control Act) atau perlindungan konsumen (Australian Consumer Law).

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan, Xpora ini merupakan platform yang tepat untuk dikerjakan bersama . Sehingga kerja sama ini menjadi role model yang bisa secara menyeluruh membantu UKM potensi ekspor.

“Kita perlu kolaborasi juga dengan kedutaan besar, supaya ini tak menjadi kendala,” kata Royke.

HOI
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. (Istimewa/Bogordaily.net)

BNI dalam Kementerian BUMN memang diamanatkan untuk bisa mendorong UKM untuk bisa naik kelas lagi dengan potensi ekspor yang salah satunya menggaet diaspora Indonesia yang tersebar di luar negeri.

Selain itu, Royke menjelaskan, Xpora merupakan kepanjangan dari Ekspor dan Diaspora, untuk itu potensi diaspora yang menurut catatan BNI mencapai 8 juta yang tersebar di luar negeri, menjadi pasar yang sangat besar.

Direktur Econesia Vidi Vinandar menambahkan, selanjutnya akan terus mengidentifikasi produk apa saja yang bisa langsung dieksekusi untuk ekspor.

Sementara saat ini di Sidney kata Vidi, akan fokus pada produk UKM seperti furniture dan produk-produk eco friendly. Karena ini merupakan konsep yang memberikan value added.

“Upaya kami untuk memberikan market inside dalam mengembangkan ekspansi pasar ekspor UKM. Kami berharap kerja sama ini berjalan dengan baik dan berkelanjutan bagi produk-produk Indonesia,” imbuhnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here