Wednesday, 1 May 2024
HomeBeritaRizal Ramli: Indonesia Bisa Hancur Kalau Pejabat Merangkap Sekaligus Jadi Pengusaha

Rizal Ramli: Indonesia Bisa Hancur Kalau Pejabat Merangkap Sekaligus Jadi Pengusaha

Bogordaily.net – Mantan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, DR. mengatakan dirinya takut kehancuran Jerman di tangan seorang kopral bernama Hitler terjadi di .

Menurut Rizal, Jerman jauh sebelum Hitler berkuasa adalah negara yang hebat. Jerman diisi oleh orang yang hebat, rasional dan berbudaya.

Hampir semua komposer musik top dunia berasal dari Jerman.

Tak hanya itu, Jerman pun menyumbang 80 persen ahli filsafat dunia seperti Immanuel Kant, Karl Marx atau Hegel. Ditambah, warga Jerman, krisitaini, yang religius dan taat berbidah.

“Tapi bangsa yang cerdas karena jago filsafat, berhati lembut bisa dihancurkan oleh seorang kopral bernama Hitler. Kenapa? Karena orang yang cerdas dan lembut tadi tidak berani nyatakan kebenaran,” kata Rizal dalam dialog dengan blogger bertema “ Mental Juara” di Gandaria City, Jakarta, Minggu 13 Desember 2021.

Menurut Rizal, juga bisa menghadapi situasi seperti Jerman itu. Banyak orang pintar, budi pekertinya halus, jujur, religius di tapi tidak berani nyatakan kebenaran. Akibatnya, saat ini di orang-orang brengsek atau tikus-tikus banyak berkeliaran dan hampir mengusasi seluruh lini kehidupan bangsa.

“Yang berkuasa akhirnya orang brengsek. Orang yang hanya pentingkan kelompoknya. Sudah jadi pejabat masih mau jadi . Ini yang bikin rusak,” ujar Menko Perekonomian di era Presiden Gus Dur ini.

Ditambahkan Rizal, sedang dilanda kesenjangan yang tinggi antara private truth dan public testimony. Kata mantan kepala Bulog itu, banyak pejabat yang menyampaikan kebenaran dalam pembicaraan pribadi. Tetapi saat di depan publik, pernyataannya berbalik karena takut kehilangan jabatan.

“Seharusnya, katakanlah yang benar itu benar, yang salah ya salah,” demikian Rizal.***

Sumber: RMOL.ID

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here