Thursday, 18 April 2024
HomeEkonomiSiap-siap! Premium dan Pertalite Mau Dihapus, Kok Bisa?

Siap-siap! Premium dan Pertalite Mau Dihapus, Kok Bisa?

Bogordaily.net dan Pertalite mau . Pemerintah menyatakan serius untuk berupaya memperbaiki kondisi lingkungan dengan mendorong penggunaan BBM yang ramah lingkungan.

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Kementerian Soerjaningsih mengatakan Indonesia memasuki masa transisi yaitu BBM RON 90 akan menjadi bahan bakar antara menuju BBM yang ramah lingkungan.

“Kita memasuki masa transisi di mana (RON 88) akan digantikan dengan Pertalite (RON 90), sebelum akhirnya kita akan menggunakan BBM yang ramah lingkungan,” katanya dikutip Sabtu 25 Desember 2021.

Soerja menjelaskan saat ini hanya ada tujuh negara yang masih menggunakan RON 88. Volume yang digunakan pun sangat kecil. Kesadaran masyarakat menggunakan BBM dengan kualitas yang lebih baik menjadi salah satu penyebabnya.

Pemerintah sedang menyusun peta jalan (roadmap) BBM ramah lingkungan, di mana nantinya Pertalite juga digantikan dengan BBM yang kualitasnya lebih baik.

“Dengan roadmap ini, ada tata waktu di mana nantinya kita akan menggunakan BBM ramah lingkungan. Ada masa di mana Pertalite harus dry, harus shifting dari Pertalite ke Pertamax,” katanya.

Proses peralihan Pertalite ke Pertamax ini juga dibahas dalam FGD agar peralihan tersebut tidak menimbulkan gejolak di masyarakat.

“Sehingga kita juga mencermati volume Pertalite yang harus disediakan untuk masyarakat,” tambah Soerja.

Peralihan dari ke Pertalite diperkirakan mampu menurunkan kadar emisi CO2 sebesar 14%, untuk selanjutnya dengan perubahan ke Pertamax akan menurunkan kembali emisi CO2 sebesar 27%.

Sampai saat ini, Pertamina juga masih menyediakan dan menyalurkan bensin dan Pertalite di SPBU. Karena penugasan pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 Tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak.

“Saat ini, sesuai ketentuan yang ada, Pertamina masih menyalurkan di SPBU,” ujar Fajriyah Usman, Vice President Corporate Communication Pertamina, dalam pernyataannya.

Selain , Pertamina juga masih menyediakan jenis BBM Umum yang meliputi Perta Series (Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo) dan Dex Series (Pertamina Dex dan Dexlite).

“Pertamina juga masih menyediakan Pertalite di SPBU di Indonesia. Untuk itu, masyarakat tidak perlu khawatir dan tetap menggunakan BBM sesuai kebutuhan,” kata Fajriyah, seperti tertulis pada siaran persnya.

Namun bukan tak mungkin, karena ada rencana Premium dan Pertalite mau , maka di SPBU nantinya hanya menjual BBM jenis Pertamax.***

Sumber: Detik.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here