Sunday, 28 April 2024
HomeKabupaten BogorUniversitas Ibn Khaldun Beri Pelatihan dan Workshop Kepada Masyarakat di Ciampea

Universitas Ibn Khaldun Beri Pelatihan dan Workshop Kepada Masyarakat di Ciampea

Bogordaily.net – Di Masa Pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung hingga saat ini, dampak pandemi ini mengharuskan kehidupan masyarakat yang lebih baik lagi baik dalam kehidupan sosial maupun dari sisi ekonomi masyarakat.

Melalui kegiatan Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan MBKM dan Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa Perguruan Tinggi Swasta Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang dilaksanakan oleh Dosen Universitas Ibn KHaldun Bogor yang berlangsung pada 12 – 22 Desember 2021 di Kampung Pasar Salasa Desa Ciampea Udik Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, guna memberikan kepada masyarakat khususnya siswa di lingkungan SMP Al-Ittihadiyah dan Pondok Pesantren As Salam melalui tema ‘Peningkatan Toleransi Masyarakat Berbasis Ekonomi, Nilai-Nilai Keagamaan, dan Teknologi Informasi'.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh 3 Dosen Universitas Ibn Khaldun Bogor yang diketuai oleh Prof. Dr. H. E. Mujahidin, M.Si. bersama Dr. Renea Shinta Aminda, S.E., M.M. dan Novita Br. Ginting, S.Kom., M.Kom. sebagai Anggota Pengabdi. Kegiatan ini dilakukan secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Selain menggunakan treatment metode pelatihan, ini juga membangunkan green house dan Penyerahan peralatan pembuat roti untuk mendukung produktivitas dan pola entrepeneurship dalam persepektif peningkatan toleransi di masyarakat.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terdiri atas 7 rangkaian pelatihan, tema pelatihan, dimana hari pertama 13 Desember 2021 terkait topik toleransi dalam masyarakat bersama narasumber Ustadz Agus Tamami, M.Pd.I., dan Ustadz Muhammad Zaenal Mutaqin, M.E.

Tema pelatihan berikutnya di hari kedua 14 Desember 2021 berkaitan tentang teknologi informasi bagi Siswa SMP Al Ittihadiyah dan santri Pondok Pesantren As Salam dengan narasumber Yuggo Afrianto, S.T., M.Kom.

Kemudian dilanjutkan hari berikutnya hari ketiga 15 Desember 2021 pelatihan wirausaha dalam perspektif Islam bersama Erik Yuda Pratama, S.Pd., M.Pd.

Pada hari keempat 16 Desember 2021 Siswa dan Santri dilatih untuk dapat memahami dan bisa dalam proses produksi Roti dan tanaman Hidroponik-Greenhouse bersama narasumber ahli Dr. Siti Nurjanah, M.Si. di akhir pelatihan pada sesi ini siswa dan santri membuat berbagai macam produk roti dan mampu mengimplementasikan konsep tanaman hidroponik-greenhouse.

Di pekan selanjutnya, hari kelima 20 Desember 2021 dilanjutkan pelatihan dengan tema Pemasaran Islam, bersama Narasumber Hj. Leny Muniroh, S.E., M.Si.

Pada hari keenam 21 Desember 2021 siswa dilatih dengan pelatihan digital marketing bersama narasumber Sarah Cahirunissa.

Di akhir kegiatan ini, hari ketujuh 22 Desember 2021 siswa dilatih terkait manajemen keuangan yang berkaitan dengan marketing produk yang telah dipahami pada pelatihan sebelumnya, bersama Narasumber Dr. Hj. Immas Nurhayati, S.E., M.S.M.

Diharapkan dengan Kegiatan ini, dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap masyarakat terutama siswa SMP Al Ittihadiyah dan Santri Pondok Pesantren As Salam.

Kegiatan ini memberikan dampak yang terus berkelanjutan karena potensi yang telah dikembangkan dapat diwujudkan dalam berupa produk yang bernilai di pasar dan menjadi nilai tambah bagi masyarakat dari segi kehidupan sosial dan sektor bisnis.

Sehingga dapat menumbuhkembangkan jiwa Entrepreneurship sejak dini pada siswa dan masyarakat sekitar.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here