Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaWaduh! Pemerintah Prancis Salah Tangkap, Pembunuh Jamal Khashoggi

Waduh! Pemerintah Prancis Salah Tangkap, Pembunuh Jamal Khashoggi

Bogordaily.net – salah tangkap terhadap pria yang diduga , , pada 2018 lalu. Akhirnya pria tersebut dibebaskan setelah otoritas Prancis mengakui adanya kesalahan identitas terkait pria itu.

Seperti dilansir AFP, Kamis 9 Desember 2021, Kedutaan Besar Saudi di Paris menyatakan pria yang membawa paspor dengan nama Khalid al-Otaibi itu bisa ‘dengan cepat' menuju ke Riyadh setelah dibebaskan pada Rabu 8 Desember 2021 waktu setempat. Disebutkan bahwa diplomat Saudi mengunjungi pria itu selama dia ditahan otoritas Prancis.

Kepolisian perbatasan Prancis menangkap pria itu di bandara utama Paris pada Selasa 7 Desember 2021 waktu setempat, saat dia bersiap menaiki penerbangan ke Riyadh.

Sejumlah sumber kepolisian dan kehakiman Prancis awalnya menuturkan kepada media bahwa pria itu adalah Khalid al-Otaibi yang diburu di bawah surat perintah penangkapan internasional karena menjadi bagian tim bayaran yang membunuh Khashoggi di Konsulat Saudi di Istanbul, Turki.

“Verifikasi mendalam untuk menentukan identitas orang ini telah memungkinkan kami untuk menyatakan bahwa surat perintah itu tidak berlaku untuknya,” ucap kepala jaksa wilayah Paris, Remy Heitz, dalam pernyataannya mengakui adanya kesalahan.

“Dia telah dibebaskan,” imbuhnya.

Hal ini memupuskan harapan para aktivis dan keluarga Khashoggi yang menganggap penahanan itu sebagai terobosan besar dalam perjuangan untuk membawa para pelaku pembunuhan ke pengadilan.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here