Tuesday, 7 May 2024
HomeBerita164 Orang Dinyatakan Meninggal Selama Kerusuhan Kazakhstan 

164 Orang Dinyatakan Meninggal Selama Kerusuhan Kazakhstan 

Bogordaily.net mengatakan situasi di seantero negeri telah stabil usai terjadinya terparah dalam 30 tahun terakhir usai kemerdekaan negara tersebut. Dikutip kantor berita Rusia, Sputnik, sebanyak 164 orang, termasuk dua anak kecil, meninggal saat yang disertai kekerasan berlangsung di selama pekan lalu, Minggu 9 Januari 2022.

Seperti yang diketahui, rentetan demonstrasi mulai berlangsung pekan lalu untuk menentang kenaikan harga bahan bakar. Aksi unjuk rasa itu kemudian berkembang menjadi demonstrasi menentang pemerintah.

Kemenkes mengatakan 103 orang meninggal di , kota utama tempat kekerasan terjadi.

Sementara itu, dari dilaporkan bahwa pihak berwenang pada Minggu menyatakan telah mengendalikan situasi di seluruh negeri setelah negara itu dilanda kekerasan paling maut selama 30 tahun merdeka.

Para pejabat keamanan dan intelijen memberi pemaparan kepada Presiden Kassym-Jomart Tokayev bahwa mereka terus melancarkan “pembersihan”, tindakan yang disebut Tokayev sebagai operasi besar-besaran kontraterorisme.

Pekan lalu, puluhan orang tewas, ribuan orang ditangkap, dan banyak gedung dibakar.

Keadaan itu membuat Tokayev mengeluarkan perintah tembak mati dalam penanganan , yang ia katakan disebabkan oleh para bandit dan teroris.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here