Thursday, 18 April 2024
HomeKulinerAncemon, Camilan Khas Bogor Yang Mungkin Terlupakan

Ancemon, Camilan Khas Bogor Yang Mungkin Terlupakan

Bogordaily.net– Bogor memang terkenal dengan aneka ragam dan camilannya yang unik, mulai dari yang tradisional hingga yang modern kekinian. Bahkan tradisioanal Bogor, banyak yang mulai terlupakan.

Tidak jarang, orang-orang dari luar Bogor berkunjung hanya untuk berwisata kuliner dan mencicipi dan camilan tradisional di sana, seperti cungkring, toge goreng, soto mie bogor, sampai es pala.

Bogor memang terkenal dengan aneka ragam dan camilannya yang unik, mulai dari yang tradisional hingga yang modern kekinian. Tidak jarang, orang-orang dari luar Bogor sengaja berkunjung hanya untuk berwisata kuliner dan mencicipi dan camilan tradisional di sana, seperti cungkring, toge goreng, soto mie bogor, sampai es pala.

Namun, ada satu camilan tradisional khas Bogor yang masih jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Namanya ancemon, ancemon sendiri merupakan kudapan tradisional yang terbuat dari singkong yang biasanya dihidangkan dengan taburan kelapa dan gula merah.

Dahulu, orang-orang menyantap ancemon hanya dengan parutan kelapa dan gula merah. Namun, semakin berkembangnya inovasi ancemon bisa dinikmati dengan tambahan berbagai macam toping dan rasa, mulai dari yang gurih hingga yang manis dan sudah banyak dimodifikasi dengan campuran toping cokelat, parutan keju, dan lain-lain.

Di Bogor, penjual ancemon memang sudah jarang sekali ditemukan. Namun, apabila kalian penasaran ingin mencoba dan mencicipi rasa ancemon, Pointers bisa mengunjungi Saung Jurasep.

Berlokasi Jalan Villa Ciomas No. 5, Ciomas, Kabupaten Bogor ini Pointers bisa mencoba dan mencicipi ancemon, camilan tradisional khas Bogor.

Di Saung Jurasep ini, kalian bisa mencoba ancemon dengan berbagai rasa, mulai dari ancemon original, ancemon keju, ancemon cokelat, dan masih banyak lagi.

Selain ancemon, Saung Jurasep juga menyediakan menu-menu camilan tradisional lainnya, seperti papais (mirip nagasari), katimus, combro, misro dan tidak ketinggalan kopi liong yang menjadi menu favorit di saung ini.

Asep, pemilik Saung Jurasep mengatakan, Saung Jurasep ini memang sengaja mengusung konsep perpaduan zaman dahulu dan sekarang, tujuannya untuk menyatukan pengunjung lintas generasi. Karena itulah menu-menu camilan tradisional dihadirkan berdampingan dengan menu-menu modern.

Jangan sampai dengan berkembangnya kekinian, tradisional terlupakan.

Bagi Kalian yang ingin mencoba ancemon di Saung Jurasep, harganya dibanderol mulai dari Rp12.000,- untuk ancemon original hingga Rp25.000 untuk ancemon almond dan ancemon cokelat-keju-kelapa. Saung Jurasep sendiri buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here