Friday, 29 March 2024
HomeBeritaAntisipasi Penuhnya Penginapan Saat MotoGP Mandalika, Pemerintah Siapkan Kapal Pesiar

Antisipasi Penuhnya Penginapan Saat MotoGP Mandalika, Pemerintah Siapkan Kapal Pesiar

Bogordaily.net- Indonesia akan menjadi tuan rumah balapan MotoGP pada 18-20 Maret 2022 di Pertamina International Street Circuit, , Nusa Tenggara Barat. Antisipasi masalah penginapan pun segera dilakukan oleh pemerintah daerah NTB.

Pemerintah Daerah NTB meminta Kementerian Perhubungan untuk menyiapkan kapal pesiar untuk mengantisipasi kekurangan kamar untuk menampung ribuan pelancong.

Olen karenanya pemerintah akan mendirikan penginapan terapung menggunakan perahu sekitar , Nusa Tenggara Barat (NTB). Hal itu dilakukan menyusul kekurangan penginapan jelang MotoGP pada Maret mendatang.

Komandan Lapangan MotoGP 2022 Hadi Tjahjanto mengatakan akan ada sekitar 63.500 penonton pada gelaran itu. Namun, seluruh penginapan di baru bisa menampung sekitar 16 ribu orang.

“Kita manfaatkan pinisi, ada 700 pinisi. Kalau rata-rata 5 kamar, sudah 3.500. Kemudian, pembangunan sarana hunian pariwisata (sarhunta) khusus di kawasan ini ada 300 dan 50 sudah mendapatkan sertifikat CHSE, 98 ada di sekitar Tiga Gili,” kata Hadi disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis 13 Januari.

Permasalahan lain yang dihadapi jelang MotoGP adalah transportasi. Pemerintah akan menyediakan shuttle bus untuk mengantar penonton ke sirkuit.

Pemerintah juga akan membuka lebih banyak penerbangan ke . Frekuensi penerbangan dari Jakarta, Surabaya, Bali, dan Makassar menuju Mandalika akan diperbanyak jelang MotoGP

Pemerintah juga akan membuka lebih banyak penerbangan ke Mandalika. Frekuensi penerbangan dari Jakarta, Surabaya, Bali, dan Makassar menuju Mandalika akan diperbanyak jelang MotoGP.

“Jadi, mudah-mudahan penonton nanti diberikan kemudahan menuju ke Sirkuit Mandalika untuk bisa menonton MotoGP 2022,” ucapnya.

Hadi berkata pemerintah juga sedang mempercantik wilayah sepanjang perjalanan dari bandara ke sirkuit. Area sirkuit juga dipercantik untuk menyambut gelaran paling bergengsi di dunia balap motor tersebut.

“Di Sirkuit Mandalika sendiri, sudah dilaksanakan pembenahan baik di tier 1 di paddock area, kemudian tier 2 di sirkuit itu sendiri, dan tier 3 itu adalah khusus untuk penonton, grand stand,” ujar Hadi.

Presiden Joko Widodo meyakini penginapan-penginapan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat, penuh saat ajang balapan MotoGP pada 6 Maret mendatang.

Jokowi mengatakan pemerintah telah membantu pembangunan 300 homestay di sekitar Sirkuit Internasional Mandalika. Dia yakin penginapan-penginapan tersebut ramai diminati para penggemar MotoGP.

“Kita harapkan nanti pada saat penyelenggaraan MotoGP, semua terisi penuh. Sekali lagi, ini akan memberikan dampak ekonomi terhadap masyarakat di sekitar Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika,” kata Jokowi, disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis, 13 Januari 2022.

MotoGP Mandalika akan dilaksanakan pada Maret 2022. Balapan paling bergengsi itu akan diadakan di Sirkuit Internasional Mandalika, Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Sirkuit tersebut pernah dijajal ajang internasional Superbike World Championship (WSBK) pada November 2021. Balapan itu menjadi penutup WSBK musim 2021. Toprak Razgatlioglu juga memastikan gelar juara di balapan tersebut.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here