Friday, 19 April 2024
HomeBeritaAS Desak Korut Bergabung Terkait Uji Coba Peluncuran Rudal

AS Desak Korut Bergabung Terkait Uji Coba Peluncuran Rudal

Bogordaily.net   Amerika Serikat pada Minggu, 30 Januari 2022, menyerukan ke Korea Utara  untuk bergabung dalam pembicaraan langsung tanpa prasyarat tentang program nuklir dan misilnya.

Seruan itu disampaikan oleh AS setelah Pyongyang meluncurkan apa yang diduga sebagai misil balistik jarak menengah ke luar angkasa.

“Kami percaya bahwa ini sepenuhnya tepat dan sepenuhnya benar untuk memulai sejumlah diskusi serius,” kata seorang pejabat senior pemerintahan Presiden AS Joe Biden kepada wartawan.

Pejabat itu mengatakan terbaru Korea Utara adalah bagian dari pola “yang semakin tidak stabil” dan melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB dan hukum internasional.

Pejabat AS itu berbicara setelah Korea Utara melakukan terbesarnya sejak 2017 pada Minggu 30 Januari 2022. Peluncuran itu dipandang sebagai langkah lebih dekat Korea Utara untuk melanjutkan pengujian jarak jauhnya.

Pejabat AS itu mengatakan “tentu saja kami khawatir” bahwa Pyongyang mungkin melanjutkan pengujian () jarak jauh dan mengakhiri moratorium nuklir yang diterapkan negara itu pada diri sendiri.

“( ) ini membutuhkan tanggapan,” katanya.

“Anda akan melihat kami mengambil beberapa langkah yang dirancang untuk menunjukkan komitmen kami kepada para sekutu kami … dan pada saat yang sama kami mengulangi seruan kami untuk diplomasi. Kami siap dan kami sangat serius mencoba melakukan diskusi untuk membahas hal-hal yang menjadi kepentingan kedua pihak,” ujar pejabat AS itu.

Amerika Serikat, di bawah kepemimpinan Presiden Joe Biden, telah berulang kali mengupayakan pembicaraan untuk bergabung dengan Korea Utara tetapi selalu ditolak.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengadakan tiga pertemuan tingkat tinggi dengan pendahulu Biden, Donald Trump.

Namun, pertemuan Kim dan Trump itu tidak berhasil mewujudkan permintaan Kim untuk pencabutan sanksi terhadap Pyongyang.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here