Thursday, 25 April 2024
HomeEkonomiBagaimana Nasib Gedung Pemerintah di Jakarta, Setelah Ibu Kota Pindah

Bagaimana Nasib Gedung Pemerintah di Jakarta, Setelah Ibu Kota Pindah

Bogordaily.net– Undang-Undang tentang (RUU IKN) telah disetujui dalam rapat paripurna DPR RI. Artinya pusat pemerintahan resmi bisa dari ke Kalimantan Timur (Kaltim).

Lalu bagaimana pemerintah di DKI , Ketika element didalamnya di ?

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, agar pembangunan ibu kota baru tidak mubazir, maka perlu ada pemanfaatan aset-aset di .

Pemanfaatan Barang Milik Negara jadi penting, komplek yang ada di Jakarta ini dan konsolidasi dari berbagai bangunan-bangunan yang ada di ibu kota sekarang ini yaitu Jakarta. Ini akan jadi proses kritikal yang nanti akan diterjemahkan dalam rencana induk untuk pembangunan IKN yang lebih detail,” kata Sri Mulyani.

Direktur Barang Milik Negara Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Encep Sudarwan pernah mengatakan, untuk mendanai proyek pembangunan IKN yang berasal dari APBN, pemerintah akan menggunakan uang dari aset negara, terutama aset-aset yang berada di Jakarta.

Aset negara di Jakarta yang terdiri dari - kementerian dan lembaga (K/L), hingga istana negara rencananya disewakan untuk membiayai megaproyek IKN.

“Aset yang di Jakarta itu kami optimalkan supaya bisa mendapatkan dana untuk pembangunan di Ibu kota baru. Tidak selalu dijual, bisa juga kita kerja samakan dengan diberi waktu 30 tahun atau beberapa tahun, nanti uangnya digunakan di sana,” ujarnya.

Ketua Pansus RUU IKN, Ahmad Doli Kurnia Tanjung mengusulkan agar Jakarta tetap jadi daerah khusus meski bukan lagi sebagai ibu kota. Pihaknya ingin Jakarta diberi perhatian khusus karena memiliki historis.

“Kami semua mengusulkan agar Jakarta tetap disebut daerah khusus, tapi tentu tidak ibu kota lagi karena Jakarta punya historis, infrastruktur cukup memadai, fasilitas cukup lengkap, sayang jika tidak diperhatikan Jakarta ini mau dijadikan apa,” ujarnya.

Oleh karena itu, akan ada perubahan undang-undang tentang Jakarta yang akan dibicarakan oleh pemerintah dan DPR RI. “Jakarta harus jadi daerah khusus, nanti daerah khususnya apa disiapkan pemerintah,” tandasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here