Saturday, 20 April 2024
HomeNasionalBegini Kata Anies, Nasib Jakarta Usai Perpindahan Ibu Kota Negara

Begini Kata Anies, Nasib Jakarta Usai Perpindahan Ibu Kota Negara

Bogordaily.net– Terkait perpindahan dari ke Pulau Kalimantan, akhirnya Gubernur DKI Jakarta memberikan penjelasan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu memastikan perpindahan itu tidak membawa pengaruh yang signifikan terhadap Jakarta.

Walau DKI tidak lagi menjadi Ibu Kota  Negara, Anies meyakinkan Jakarta akan tetap menjadi pusat ekonomi di Indonesia kendati statusnya sebagai telah ditanggalkan.

“Yang jelas Jakarta tetap akan jadi pusat perekonomian,” kata , Sabtu, 22 Januari.

Terpisah, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan, ke depan Jakarta bakal berkembang pesat seperti New York di Amerika Serikat kendati tidak lagi menjadi .

“Sebagai Ketua DPRD DKI Jakarta saya menilai Jakarta tetap istimewa nantinya yang memiliki kekhususan seperti kota New York yang telah sukses sebagai pusat bisnis,” kata Pras.

Politisi PDIP ini menilai, pemindahan ke Kalimantan Timur bisa mengurangi beban Jakarta yang selama ini menjadi pusat pemerintah dan perekonomian. Dengan demikian diharapkan Jakarta bisa fokus berkembang menjadi pusat bisnis seperti kota New York di Amerika Serikat.

“Jika Jakarta kedepan menjadi pusat bisnis, maka akan fokus pada perekonomian. Dengan begitu Jakarta menjadi jantung baru untuk masa depan Indonesia,” ujarnya.

Pras optimis, pemindahan ini bisa memberikan dampak positif bagi Jakarta. Sebagai contoh, dia mengatakan, Turki yang berhasil memindahkan pusat pemerintahannya dari Istanbul ke Ankara.

“Sebagaimana Presiden Jokowi bilang, pemindahan (IKN) ke Kalimantan Timur merupakan transformasi besar yang dilakukan pemerintah. Saya melihat ini sangat baik karena demi cita-cita dan tujuan negara kedepan,” tuntasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here