Saturday, 27 April 2024
HomeEkonomiBesok Minyak Goreng Turun Harga Lagi, Tapi Gaib!

Besok Minyak Goreng Turun Harga Lagi, Tapi Gaib!

Bogordaily.net – Kebijakan harga eceran tertinggi () kemasan sederhana, dan premium akan kembali berubah untuk turun harga mulai 1 Februari 2022.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menguraikan, HET untuk curah menjadi Rp 11.500/liter, kemasan sederhana Rp 13.500/liter, dan kemasan premium Rp 14.000/liter.

“Seluruh harga sudah termasuk PPN di dalamnya,” kata Lutfi, dikutip dari Detik, Senin 31 Januari 2022.

Kira-kira, dengan harga yang lebih murah masyarakat akan makin gencarkah membeli? Pasalnya saat program pemerintah menggelontorkan harga Rp 14.000/liter, di sejumlah ritel modern kerap cepat ludes.

Lutfi sendiri mengimbau agar masyarakat tidak panic buying alias memborong seperti sebelumnya. Karena ia memastikan stok cukup.

“Kami menjamin stok tetap tersedia dengan harga terjangkau,” katanya.

Selain itu, dia meminta produsen agar terus menyalurkan stok agar tidak terjadi kekosongan di pedagang atau pengecer.

Kemudian, Lutfi menegaskan jika ada pelaku usaha yang melanggar aturan HET yang telah berlaku, maka pihaknya akan memberikan sanksi yang tegas.

“Pemerintah akan mengambil langkah-langkah hukum yang sangat tegas kepada seluruh pelaku usaha yang tidak patuh atau mencoba melanggar ketentuan ini,” lanjutnya.

“Kami berharap dengan kebijakan ini harga dapat lebih stabil dan terjangkau untuk masyarakat serta tetap menguntungkan bagi para pedagang, distributor, hingga produsen,” imbuhnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here