Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalBMKG Mencatat Sudah Terjadi 5 Kali Gempa Susulan, Pasca Gempa Di Banten

BMKG Mencatat Sudah Terjadi 5 Kali Gempa Susulan, Pasca Gempa Di Banten

Bogordaily.net– Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mencatat telah terjadi lima kali susulan, setelah gempa pertama , magnitudo, yang mengguncang , pada pukul 16.07, Jumat 14 Januari 2022.

BMKG Mencatat gempa susulan terjadi hingga pukul 17.20 WIB.

“Hasil monitoring BMKG menunjukan sudah terjadi 5 kali gempa susulan. Gempa susulan yang besar dengan 5,7 Magnitudo dan yang terkecil 3,5 magnetudo,” ujar Dwikorita dalam konferensi pers virtual, Jumat 14 Januari 2022.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan disejumlah wilayah, seperti , Jakarta Kota Tanggerang, Ciracas, Bekasi, Depok, Bandung, Kota Bogor, Kbupaten Bogor, hingga Lamung.

BMKG merilis pusat gempa bumi berada di  7Lintang 7.o1 LS, Bujur 105.26 BT, dengan kedalaman 10 km. Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 132Km arah Barat Daya Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, pada kedalaman 40km.

Dampak pasca gempa ,6magnetudo ini, ada bebarap bangunan yang mengalami kerusakan. Seperti atap banunan rubuh dan tembok bangunan runtuh.

Selain itu, BMKG juga menhimbau agar masyarakat tidak panik dan tidak menyebarkan berita yang tidak berlandaskan. Gempa susulan yang terjadi, tidak menimbulkan tsunami.

BMKG pun mengajak kepala daerah bersama maysarakat agar selalu waspada dan mengecek kondisi bangunan sebelum memasuki rumah, pasca terjadinya gempa.

Sebelumnya, telah terjadi gempa berkekuatan , Magnetudo di . Gempa ini, terasa hingga Kota Bogor, Jumat, 14 Januari 2022. Gempa terjadi pada pukul 16.05 WIB, Lintang 7.o1 LS, Bujur 105.26 BT, dengan kedalaman 10 km diBanten.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here