Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaCegah Omicron, Pemerintah Diminta Fokus pada Sistem Pelayanan Kesehatan

Cegah Omicron, Pemerintah Diminta Fokus pada Sistem Pelayanan Kesehatan

Bogordaily.net – Penyebaran varian kian mengkhawatirkan. Merespon hal ini, Wakil Ketua Komisi IX Charles Honoris meminta pemerintah fokus pada , bukan angka penularan.

“Jika dilihat jumlah kasus Covid-19 varian di Indonesia terus meningkat setiap harinya dan sepertinya akan sulit terbendung mengingat tingkat penularan varian sangat tinggi. Bahkan sejumlah epidemiolog memprediksi penularan di Indonesia bisa tembus 300 ribu kasus perhari. Untuk itu, fasilitas kesehatan hingga tenaga medis untuk bertempur melawan varian harus memadai,” kata Charles, baru-baru ini.

Politisi PDI-Perjuangan itu menjelaskan, dalam penanggulangan varian , pemerintah harus fokus pada sistem layanan kesehatan, bukan angka penularan.

Dia ingin fasilitas kesehatan hingga tenaga medis untuk bertempur melawan varian memadai.

“Pemerintah hendaknya tidak lagi terlalu fokus pada angka penularan, tetapi pada sistem layanan kesehatan. Pemerintah harus memastikan tempat tidur, alat kesehatan dan obat-obatan selalu tersedia, jumlah tenaga medis memadai, sehingga kalau ada sebagian pasien (komorbid) yang mengalami perburukan bisa tertangani dengan baik. Dan tidak menimbulkan kepanikan di masyarakat,” tutur Charles.

Legislator dapil DKI Jakarta III itu menyarankan penetapan level PPKM tidak lagi menggunakan parameter angka penularan, melainkan indikator layanan kesehatan, seperti Bed Occupancy Rate (BOR). Semakin tinggi BOR faskes di suatu wilayah, kata Charles, maka semakin tinggi level PPKM-nya. Begitu pula sebaliknya.

Selain itu ia mengingatkan masyarakat untuk tetap menegakkan protokol kesehatan demi memperlambat laju penularan . Sehingga, aktivitas sosial ekonomi di wilayah masing-masing warga juga tetap bisa berjalan.

“Tidak sedikit pakar kesehatan yang memprediksi bahwa varian ini adalah pintu memasuki fase endemi, dan merupakan awal dari akhir pandemi Covid-19. Semoga,” harap Charles.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here