Monday, 6 May 2024
HomeBeritaChina Tawarkan Dukungan Keamanan pada Kazakhstan

China Tawarkan Dukungan Keamanan pada Kazakhstan

Bogordaily.net bersedia meningkatkan kerjasama “penegakan hukum dan ” dengan negara tetangga Kazakhstan dan membantu menentang campur tangan “kekuatan eksternal”.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri , Wang Yi, Senin 10 Januari 2022.

Seperti dilaporkan Reuters, Wang membuat komentar tersebut dalam panggilan telepon dengan Menteri Luar Negeri Kazakhstan, Mukhtar Tileuberdi.

“ bersedia bersama-sama menentang campur tangan dan infiltrasi kekuatan eksternal mana pun,” kata Wang.

Home Asia Pasifik Eropa Amerika Timur Tengah Afrika Indeks Beranda International Asia Pasifik Tawarkan Dukungan Keamanan pada Kazakhstan Esnoe Faqih Wardhana Selasa, 11 Januari 2022 – 05:20 WIB.

bersedia meningkatkan kerjasama “penegakan hukum dan keamanan” dengan negara tetangga Kazakhstan dan membantu menentang campur tangan “kekuatan eksternal”.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri , Wang Yi, Senin, 10 Januari 2022. Seperti dilaporkan Reuters, Wang membuat komentar tersebut dalam panggilan telepon dengan Menteri Luar Negeri Kazakhstan, Mukhtar Tileuberdi. “ bersedia bersama-sama menentang campur tangan dan infiltrasi kekuatan eksternal mana pun,” kata Wang.

Membela Kazakhstan dari Pemberontakan “Kekacauan baru-baru ini di Kazakhstan menunjukkan bahwa situasi di Asia Tengah masih menghadapi tantangan berat, dan itu sekali lagi membuktikan bahwa beberapa kekuatan eksternal tidak menginginkan perdamaian dan ketenangan di kawasan kami,” kata Kementerian Luar Negeri , mengutip ucapan Wang kepada Tileuberdi.

Pekan lalu, gedung-gedung pemerintah di beberapa kota di Kazakhstan sempat direbut atau dibakar karena protes damai yang awalnya menentang kenaikan harga bahan bakar berubah menjadi kekerasan.

Pasukan diperintahkan untuk menembak, untuk membunuh, dan untuk memadamkan pemberontakan di seluruh negeri.

Pihak berwenang menyalahkan kekerasan itu pada “ekstremis”, termasuk militan Islam yang dilatih di luar negeri.

Pihak berwenang juga meminta blok militer pimpinan Rusia untuk mengirim pasukan, yang menurut pemerintah telah dikerahkan untuk menjaga situs-situs strategis, sebuah langkah yang dipertanyakan oleh Amerika Serikat.

Para ahli mengatakan, khawatir ketidakstabilan di tetangganya dapat mengancam impor energi dan proyek Belt-and-Road di sana, dan keamanan di wilayah Xinjiang barat, yang berbatasan dengan Kazakhstan sepanjang 1.770 km (1.110 mil).***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here