Thursday, 25 April 2024
HomeEkonomiDi Malaysia Harga Minyak Goreng Rp8.500, Kok Bisa?

Di Malaysia Harga Minyak Goreng Rp8.500, Kok Bisa?

Bogordaily.net–Pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan minyak goreng satu harga Rp14 ribu per liter mulai Rabu, 19 Januari 2022. Di Malaysia, kabarnya hanya Rp8.500 per liter.

Anggota Komisi VI Khilmi pun mempertanyakan kabar tersebut dalam rapat kerja bersama produsen minyak goreng dan pengusaha kelapa sawit Rabu, 19 Januari 2022.

“Bisa ya? Apa itu benar?,” tanyanya seperti dikutip Detik.com.

Dia juga bertanya-tanya mengapa Malaysia bisa menjual minyak goreng dengan harga semurah itu.

Menanggapi pertanyaan Khilmi, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Joko Supriyono mengatakan harga minyak sawit di Malaysia bisa semurah itu karena adanya skema subsidi yang telah lama dilakukan di sana. Sedangkan di Indonesia baru bisa dilakukan mulai saat ini dengan program satu harga Rp14 ribu per liter.

“Betul di Malaysia Rp8.500 per liter, 2,25 Ringgit equal-nya. Itu adalah karena subsidi diberikan oleh dana SES, tapi hanya untuk 1 liter polybag yang sangat sederhana,” jelas Joko.

Selama ini kata Joko, di Indonesia belum ada regulasi yang jelas mengatur soal . Di UU Cipta Kerja, khususnya dalam aturan perkebunan, baru lah diatur dana pungutan ekspor sawit kelolaan BPDPKS boleh digunakan untuk subsidi kebutuhan pangan, contohnya minyak goreng.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here