DLH Kantongi Nama Perusahaan yang Cemari Situ Citongtut

Menu

Mode Gelap
Geger! Instagram Mendiang Vanessa Angel Mendadak Hilang Tok! Lin Che Wei Resmi Jadi Tersangka Kasus Mafia Minyak Goreng Jangan Telat, Yuk Daftar Gelombang 3 TA 2022/2023 Sekolah Bosowa Bina Insani Bogor! Presiden Jokowi Beri Bantuan untuk Warga dan PKL di Pasar Cibinong Asyik! Mulai Hari Ini, Jokowi Izinkan Buka Masker di Ruang Terbuka

Kabupaten Bogor · 28 Jan 2022 15:44 WIB

DLH Kabupaten Bogor Kantongi Nama Perusahaan yang Cemari Situ Citongtut


 Kondisi Situ Citongtut Yang Tercemar Limbah. (Istimewa/Bogordaily.net) Perbesar

Kondisi Situ Citongtut Yang Tercemar Limbah. (Istimewa/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Usai diperintahkan Bupati Bogor beberapa hari lalu untuk mengusut kasus pencemaran lingkungan di situ Citongtut, Desa Cicadas, Kecamatan Gunung Putri, Kepala Dinas DLH, Ade Mulyana terjun langsung ke lapangan pada Jumat 28 Januari 2022.

Saat meninjau langsung situ yang tercemar yang membuat ikan mati mengambang, Ade Yana sudah mengantongi nama perusahaan yang diduga membuang limbahnya ke situ tersebut.

“Hanya saja saya baru dapat informasi dari seksi PPLH terkait adanya buih putih yang diduga itu dari PT. HAENG NAM,” ungkapnya, Jumat 28 Januari 2022.

Lanjutnya Ade Yana mengatakan, hasil dari kunjungannya ke Setu Citongtut, akan dipadukan dengan hasil laboratorium yang masih belum keluar.

“Kemudian langkah selanjutnya disesuaikan dengan ketentuan yang ada, karena setu ini kan kewenangannya di Provinsi, kemudian berkaitan dengan perusahaan, apakah itu PMA atau PMBN, semisal PMA itu penindakan pelanggarannya ada di Kementerian, kita hanya sebagai pelapor,” tambahnya.

situ Citongtut

Kepala DLH Kabupaten Bogor Ade Yana Mulyana. (Istimewa/Bogordaily.net)

Selain itu Ade Yana juga menambahkan, dalam waktu dekat ia akan mengadakan rapat dengan staffnya untuk rapat koordinasi yang direncanakan akan dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor.

“Kita juga akan undang intasi terkait seperti PUPR, Kecamatan hingga Pemerintah Desa, karena ini bukan hanya tanggung jawab DLH tapi tanggung jawab kita semua, terutama Pemerintah wilayah seperti Kades dan Camat yang menjadi kepanjangan tangan Bupati dalam rangka deteksi dini ada di wilayah,” ujarnya.

Ia juga menegaskan, setelah rapat koordinasi dengan instansi terkait, nantinya ia akan memanggil 25 perusahaan yang terindikasi membuang limbahnya ke situ Citongtut.

“Kita akan lakukan penekanan kepada mereka untuk melakukan pemulihan atas apa yang dilakukan,” pungkasnya. (Irfan Ramadan)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Pelonggaran Penggunaan Masker, Ridwan Muhibi: Hadiah Terindah

18 Mei 2022 - 18:22 WIB

Curhat Calon Jamaah Haji Asal Ciampea, Berharap Tetap Berangkat Meski Usia Lanjut

18 Mei 2022 - 18:04 WIB

Nekat Parkir Liar di Kandang Roda-Sentul! Siap-Siap Ban Digembok hingga Mobil Diderek

18 Mei 2022 - 17:12 WIB

Siswi SMK Negeri Bogor Puaskan Guru dan Penguji Demi Lulus Tugas Akhir

18 Mei 2022 - 16:29 WIB

tugas akhir

Hap! Tiga Bocah di Leuwisadeng Bogor Dicabuli

18 Mei 2022 - 14:52 WIB

Optimis Juara, Kampung KB Mawar Desa Rancabungur Wakili Kabupaten Bogor Lomba Tingkat Provinsi Jawa Barat

18 Mei 2022 - 13:07 WIB

Rancabungur
Trending di Kabupaten Bogor