Tuesday, 30 April 2024
HomeKabupaten BogorElly Rachmat Yasin Sosialisasikan Pentingnya Peran CSR BUMN Pada Masyarakat

Elly Rachmat Yasin Sosialisasikan Pentingnya Peran CSR BUMN Pada Masyarakat

Bogordaily.net – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Komisi VI, Elly Rachmat Yasin terus mensosialisasikan peran (CSR) Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Puluhan masyarakat Kabupaten Bogor dari berbagai kalangan antusias mengikuti peran penting CSR BUMN, di Hotel Grand Pesona Caringin, Kabupaten Bogor, Kamis 23 Desember 2021.

Elly Rachmat Yasin mengatakan, masyarakat wajib memahami peran CSR BUMN yang ada di wilayah masing-masing.

“Saya mengajak masyarakat agar tidak memahami CSR BUMN sebagai program bantuan semata, tetapi sebagai tanggungjawab perusahaan negara untuk memajukan bangsa. Saya mengajak masyarakat memahami CSR dalam perspektif jangka panjang,” ujar Elly dikutip dari Tribun Bogor.

Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan () Kabupaten Bogor itu menerangkan, CSR BUMN jadi kewajiban yang mesti dipenuhi untuk kepentingan masyarakat.

“CSR merupakan tanggung jawab sosial perusahaan, merupakan cara memenuhi tanggung jawab kepada pemangku kepentingan dan masyarakat, terutama di sekitar tempat usahanya,” terangnya.

Elly mengungkapkan, sasaran CSR hanya diperuntukkan terhadap tiga unsur kehidupan masyarakat.

“Di lingkungan BUMN, CSR diwujudkan dalam program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) atau tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL). Sebagai komitmen BUMN terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat secara sosial, budaya dan lingkungan. Kami selalu mengingatkan agar CSR BUMN dijalankan dengan prinsip dan tatakelola terintegrasi, terarah, dan terukur. Serta, dapat dipertanggungjawabkan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Anggota DPR RI Fraksi itu menambahkan, BUMN wajib menjalankan perannya sesuai dengan amanat UU No 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT) Pasal 7 Ayat 1.

“Melalui program CSR BUMN diharapkan menggandeng dan menggerakkan UMKM yang hampir dua tahun ini terkena dampak pandemi. Saya juga selalu mendorong pemerintah dan BUMN agar selama pandemi covid-19 melanda tidak hanya fokus pada penanganan kesehatan, pendidikan, dan lingkungan saja, tapi juga harus hadir dengan menggandeng UMKM,” katanya.

Lebih lanjut ia memaparkan, kehadiran BUMN ditengah-tengah masyarakat untuk kemaslahatan telah nyata.

“Selama ini, beberapa BUMN juga sudah memberikan bantuan kepada masyarakat di Kabupaten Bogor berupa kebutuhan ambulan, mobil pengankut janazah, motor pengangkut sampah, renovasi gedung ekolahan dan pondok pesantren. Bukan hanya itu, ada juga bantuan sarana air bersih bagi warga desa yang mengalami kekeringan. mengenai CSR BUMN ini untuk mengedukasi masyarakat bahwa CSR BUMN tidak hanya sekadar pemberian bantuan semata. Saya dorong BUMN agar lebih sungguh-sungguh memperhatikan dampak CSR kepada masyarakat luas dan berjangka panjang,” tandasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here