Fientje Suebu Duta Besar Perempuan Pertama RI

Menu

Mode Gelap
DLH Kabupaten Bogor Kantongi Nama Perusahaan yang Cemari Situ Citongtut Lakukan Penataan Kemacetan, Ade Yasin Perintahkan Jajarannya Terjun Langsung Kembalikan Jenazah Pahlawan Kemerdekaan Korea, Moon Jae-in Apresiasi Kazakhstan Satu Siswa Positif Covid-19, SMPN 1 Cibinong Hentikan PTM Imbas Ricuh Mapolda, Ketum LSM GMBI Dibekuk Polda!

Tokoh ยท 12 Jan 2022 12:56 WIB

Fientje Suebu Duta Besar Perempuan Pertama RI


 Profil Dubes Selandia Baru yang baru dilantik Jokowi, Fientje Suebu. (Biro Pers Sekretariat Presiden) Perbesar

Profil Dubes Selandia Baru yang baru dilantik Jokowi, Fientje Suebu. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Bogordaily.net – Presiden Indonesia, Joko Widodo, melantik tiga duta besar, salah satunya duta besar perempuan pertama asal Papua yang bertugas di Selandia Baru, Fientje Suebu. Ia berasal dari Papua.

Selain menjadi Duta besar perempuan untuk Selandia Baru, Fientje juga merangkap bertugas di wilayah Samoa, Kerajaan Tonga, Kepulauan Cook dan Niue.

“Saya bersumpah/berjanji bahwa saya untuk diangkat menjadi duta besar luar biasa dan berkuasa penuh akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Jokowi yang diikuti tiga duta besar, di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu 12 Januari 2022.

Fientje menempuh pendidikan di Sekolah Dinas Luar Negeri. Setelah lulus, ia mendedikasikan diri di Kementerian Luar Negeri selama 31 tahun.

Sebelum menjadi Dubes Selandia Baru, Fientje juga pernah menjabat Wakil Kepala Perwakilan di Kedutaan Besar RI (KBRI) India. Kemudian pada Juli 2021, DPR menyatakan ia lolos uji kelayakan dan kepatuhan sebagai duta besar.

Perempuan kelahiran Sentani dan anak kepala suku itu, akan menggantikan eks presenter ternama Indonesia, Tantowi Yahya, yang menjabat sejak 2017.

Bergelut di dunia diplomasi sekaligus menjadi ibu dari tiga anak diakuinya bukan hal yang mudah bagi Fientje. Sebab, profesi dia mengharuskan dirinya melalui perjalanan ke negara lain setiap beberapa tahun sekali.

Salah satu tantangan yang ia soroti adalah beradaptasi dengan sistem pendidikan di negara lain. Meski demikian, ia tetap mendapat dukungan dari sang suami, Philpus Sarwom.

Fientje punya keinginan besar untuk menunjukkan bahwa warga Papua juga bisa berdaya. Ia yakin perempuan Papua mampu menjadi agen perubahan di bidangnya masing-masing.***

 

Sumber: cnn

 

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

2 Sosok Jendral TNI ini Siap Dampingi Maruli Simanjuntak

28 Januari 2022 - 15:38 WIB

maruli

Ridwan Kamil Didukung Jadi Kepala IKN, Paguyuban Pasundan: Sing Nanjung Sing Terus

28 Januari 2022 - 12:09 WIB

Paguyuban Pasundan

Puan Maharani Harap Perjanjian Ekstradisi RI-Singapura Kuatkan Komitmen Penegakan Hukum

27 Januari 2022 - 09:50 WIB

penegakan hukum

Kasus Omicron Naik, Fadli Zon Minta Sekolah Kembali Online

26 Januari 2022 - 11:12 WIB

Sekolah Kembali Online

Para Tokoh Sepakat Ridwan Kamil Pemimpin Nasional Representasi Orang Sunda

25 Januari 2022 - 23:49 WIB

Representasi Orang Sunda

Dukung Presiden Jokowi Tiga Periode, Mardigu Bossman Dikecam Netizen

25 Januari 2022 - 10:10 WIB

Mardigu Bossman
Trending di Tokoh