Friday, 19 April 2024
HomeBeritaFientje Suebu Duta Besar Perempuan Pertama RI

Fientje Suebu Duta Besar Perempuan Pertama RI

Bogordaily.net – Presiden Indonesia, Joko Widodo, melantik tiga duta besar, salah satunya pertama asal Papua yang bertugas di Selandia Baru, . Ia berasal dari Papua.

Selain menjadi untuk Selandia Baru, Fientje juga merangkap bertugas di wilayah Samoa, Kerajaan Tonga, Kepulauan Cook dan Niue.

“Saya bersumpah/berjanji bahwa saya untuk diangkat menjadi duta besar luar biasa dan berkuasa penuh akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Jokowi yang diikuti tiga duta besar, di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu 12 Januari 2022.

Fientje menempuh pendidikan di Sekolah Dinas Luar Negeri. Setelah lulus, ia mendedikasikan diri di Kementerian Luar Negeri selama 31 tahun.

Sebelum menjadi Dubes Selandia Baru, Fientje juga pernah menjabat Wakil Kepala Perwakilan di Kedutaan Besar RI (KBRI) India. Kemudian pada Juli 2021, DPR menyatakan ia lolos uji kelayakan dan kepatuhan sebagai duta besar.

Perempuan kelahiran Sentani dan anak kepala suku itu, akan menggantikan eks presenter ternama Indonesia, Tantowi Yahya, yang menjabat sejak 2017.

Bergelut di dunia diplomasi sekaligus menjadi ibu dari tiga anak diakuinya bukan hal yang mudah bagi Fientje. Sebab, profesi dia mengharuskan dirinya melalui perjalanan ke negara lain setiap beberapa tahun sekali.

Salah satu tantangan yang ia soroti adalah beradaptasi dengan sistem pendidikan di negara lain. Meski demikian, ia tetap mendapat dukungan dari sang suami, Philpus Sarwom.

Fientje punya keinginan besar untuk menunjukkan bahwa warga Papua juga bisa berdaya. Ia yakin perempuan Papua mampu menjadi agen perubahan di bidangnya masing-masing.***

 

Sumber: cnn

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here